√ RPP Biologi Kelas X Kur 2013 Revisi 2016
Selasa, 05 Desember 2017
Tambah Komentar
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Biologi (Peminatan)
Kelas /Semester : X/Genap
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Alokasi Waktu : 9 JP ( 3 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
ª Menginventarisir data-data tentang jenis-jenis limbah serta pengaruhnya terhadap kesehatan dan perubahan lingkungan
ª Membuat daur ulang limbah
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.11 Menganalisis data perubahan lingkungan dan penyebab, serta dampak dari perubahan-perubahan tersebut bagi kehidupan
|
3.11.1 Menganalisis hasil studi dari berbagai laporan media mengenai perusakan lingkungan
3.11.2 Menemukan faktor penyebab terjadinya perusakan.
3.11.3 Menjelaskan tentang ketidakseimbangan lingkungan
3.11.4 Menjabarkan penyebab-penyebab ketidakseimbangan lingkungan
3.11.5 Melakukan percobaan polusi air /udara untuk menemukan daya tahan makhluk untuk kelangsungan kehidupannya
3.11.6 Menganalisis data-data tentang daya tahan makhluk untuk kelangsungan kehidupannya
3.11.7 Menginventarisir data informasi dari diskusi mengenai masalah perusakan lingkungan
3.11.8 Menginventarisir data-data tentang jenis-jenis limbah serta pengaruhnya terhadap kesehatan dan perubahan lingkungan
3.11.9 Menginventarisir data-data tentang pemanasan global, penipisan lapisan ozon dan efek rumah kaca apa penyebannya dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya.
|
4.11 Mengajukan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan sesuai konteks permasalahan lingkungan di daerahnya
|
4.11.1 Membuat usulan cara pencegahan dan pemulihan kerusakan lingkungan akibat polusi
4.11.2 Membuat daur ulang limbah
4.11.3 Membuat usulan / himbauan tindakan nyata pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di rumah, sekolah, dan area pergaulan siswa
4.11.4 Membuat laporan hasil pengamatan secara tertulis
4.11.5 Mempresentasikan secara lisan tentang kerusakan lingkungan dan daur ulang limbah
4.11.6 Membuat usulan cara pencegahan dan pemulihan kerusakan lingkungan akibat polusi
4.11.7 Membuat daur ulang limbah
4.11.8 Membuat usulan / himbauan tindakan nyata pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di rumah, sekolah, dan area pergaulan siswa
4.11.9 Membuat laporan hasil pengamatan secara tertulis
4.11.10Mempresentasikan secara lisan tentang kerusakan lingkungan dan daur ulang limbah
|
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
ª Limbah B3 dapat menimbulkan kematian atau sakit bila masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, kulit atau mulut.
2. Konsep
ª Menginventarisir data-data tentang jenis-jenis limbah serta pengaruhnya terhadap kesehatan dan perubahan lingkungan
ª Menginventarisir data-data tentang pemanasan global, penipisan lapisan ozon dan efek rumah kaca apa penyebannya dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya.
3. Prinsip
ª Melakukan percobaan polusi air /udara untuk menemukan daya tahan makhluk untuk kelangsungan kehidupannya
4. Prosedur
ª Membuat daur ulang limbah
ª Mempresentasikan secara lisan tentang kerusakan lingkungan dan daur ulang limbah
E. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
| ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Animalia
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª Jenis-jenis limbah
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
| ||||||||||||
Kegiatan Inti
|
105
menit
| ||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
| |||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
| ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
v memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Jenis-jenis limbah
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª Proses daur ulang
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
| ||||||||||||
Kegiatan Inti
|
105
menit
| ||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
| |||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
| ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Proses daur ulang
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª 3 R (reuse, reduse, recycle)
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
| ||||||||||||
Kegiatan Inti
|
105
menit
| ||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
| |||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
ª Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
ª Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
ª Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª Jenis-jenis limbah
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª Proses daur ulang
……………, 25 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMA N/S Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes Uraian
1. .
2. .
3. .
4. .
5. .
Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran
Alternatif jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
2
| |
2
|
2
| |
3
|
2
| |
4
|
2
| |
5
|
2
| |
Jumlah
|
10
|
Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Uraian
| ||||||||||||
Topik : ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
a. ………………….
b. ………………….
Jawaban :
a. …………………
Pedoman Penskoran
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
e.
dst.
Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran
Alternatif Jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
1
| |
2
|
1
| |
3
|
1
| |
4
|
1
| |
....
|
1
| |
20
|
1
| |
Jumlah
|
20
|
Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda
|
Topik : ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
Jawaban :
a. …………………
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN (ANALISIS)- TES TERTULIS
NO
|
NAMA
|
PILIHAN GANDA
|
ESSAY
|
SKOR
|
NILAI
| ||||||||||||||||||||||||
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
07
|
08
|
09
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
PG
|
E
| |||
1
| |||||||||||||||||||||||||||||
2
| |||||||||||||||||||||||||||||
3
| |||||||||||||||||||||||||||||
4
| |||||||||||||||||||||||||||||
5
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS : . ……………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Pernyataan
| |||||||
Pengungkapan
gagasan yang
orisinil
|
Kebenaran Konsep
|
Ketepatan penggunaan istilah
|
Dan lain sebaginya
| ||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
| ||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
3
|
Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN
Penilaian Pengetahuan - Penugasan
|
Mengidentifikasi …………………….
Tugas : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai media.
Indikator : membuat laporan hasil percobaan cara kerja …………………….
Langkah Tugas :
1. Lakukan observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai …………………….
2. Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., ……………………..
3. Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a. Jenis …………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran?
b. Bagaimana yang terjadi?
c. Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan?
4. Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya
|
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
| ||||||||
9
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
| ||
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi
| |||||||||
2
|
Ketepatan memilih bahan
| |||||||||
3
|
Kreativitas
| |||||||||
4
|
Ketepatan waktu pengumpulan tugas
| |||||||||
5
|
Kerapihan hasil
| |||||||||
Jumlah skor
|
Keterangan: 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA
Pekerjaan :
· .............................................................................................................................................
· .............................................................................................................................................
· .............................................................................................................................................
· .............................................................................................................................................
Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat
|
Kriteria
|
4
|
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar, sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungan dengan tugas ini
|
3
|
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima
|
2
|
Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.
|
1
|
Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan bahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban salah, atau
Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yang benar.
|
0
|
Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA
KELAS : . …………..
No
|
Nama Siswa
|
Tingkat
|
Nilai
|
Ket.
| |||
4
|
3
|
2
|
1
| ||||
1.
| |||||||
2.
| |||||||
3.
|
Lembar Pengamatan
Penilaian Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : ………………………..
KI : ………………………..
KD : ………………………..
Indikator : ………………………..
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK
Proyek :
· ..............................................................................................................................................
· ..............................................................................................................................................
· ..............................................................................................................................................
· ..............................................................................................................................................
Orientasi Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!
Langkah-langkah Pengerjaan:
1. Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.
2. Selesaikan masalah terkait ……………
3. Cari data …………… dengan ……………….. tersebut
4. Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
5. Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut
6. Hasil pemecahan masalah dibuat dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah
7. Laporan bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah
8. Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil
9. Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah lain (jika memungkinkan)
10. Laporan dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan
Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria
|
Skor
|
· Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
· Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok sangat baik
|
4
|
· Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
· Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok sangat baik
|
3
|
· Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti
· Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok baik
|
2
|
· Jawaban tidak benar
· Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti
· Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok kurang baik
|
1
|
Tidak melakukan tugas proyek
|
0
|
Penilaian Keterampilan – Proyek
| |||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………… Guru Pembimbing : ……………
Nama Proyek : …………… Nama : ……………
Alokasi Waktu : …………… Kelas : ……………
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PRODUK
Nama Produk : ………………………………..
Nama Peserta Didik : ………………………………..
No
|
Aspek
|
Skor
| |||
1
|
Perencanaan Bahan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Proses Pembuatan
a. Persiapan Alat dan Bahan
b. Teknik Pengolahan
c. K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)
| ||||
3
|
Hasil Produk
a. Bentuk Fisik
b. Bahan
c. Warna
d. Pewangi
e. ……..
| ||||
Total Skor
|
Ø Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat
Ø Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas
· .............................................................................................................................................
· .............................................................................................................................................
· .............................................................................................................................................
· .............................................................................................................................................
Rubrik Penilaian
Nama siswa : ………………….
Kelas : ………………….
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1
|
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?
| ||
2
|
2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat sesuai?
| ||
3
|
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?
| ||
4
|
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?
| ||
5.
|
Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?
| ||
6.
|
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?
| ||
7.
|
Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik?
| ||
8.
|
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?
| ||
Jumlah
|
Kriteria: 5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
Penilaian Keterampilan – Produk
| |||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………… Nama Peserta Didik : ……………
Nama Produk : …………… Kelas : ……………
Alokasi Waktu : ……………
|
Penilaian Keterampilan - Portofolio
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………………………..
Kelas/Semester : …………………………..
Peminatan : …………………………..
Tahun Ajaran : 2015/2016
Judul portofolio : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum
Tujuan : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
Ruang lingkup :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1
Uraian tugas portofolio
1. Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas
|
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
|
JUDUL
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
|
……………, 25 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMA N/S Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
Belum ada Komentar untuk "√ RPP Biologi Kelas X Kur 2013 Revisi 2016"
Posting Komentar