√ RPP Seni Budaya Kelas X (Seni Rupa) Kur 2013
Selasa, 05 Desember 2017
Tambah Komentar
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN .................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas /Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Seni Rupa
Alokasi Waktu : 4 JP (2 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
1. Menjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
2. Menganalisis unsur seni rupa dua dimensi
3. Menjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
4. Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
5. Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
6. Membuat sketsadariobyekmahlukhidupdanbendamati
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1. Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
|
3.1.1 Menjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
3.1.2 Menganalisis unsur seni rupa dua dimensi
3.1.3 Menjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
3.1.4 Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
|
4.1 Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai bahan dan teknik dengan melihat model
|
4.1.1 Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
4.1.2 Membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda mati
|
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta
ªContoh karya seni rupa 2 dimensi dapat kita temukan pada beberapa produk atau benda, di antaranya antara lain lukisan, foto, poster, banner, desain produk, karikatur, kaligrafi, mozaik, dan logo.
2. Konsep
ªMenjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
ªMenganalisis unsur seni rupa dua dimensi
ªMenjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
ªMenjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua dimensi
3. Prinsip
ª Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
4. Prosedur
ªMembuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai bahan dan teknik dengan melihat model
ª Membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda mati
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E. MediaPembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
F. Sumber Belajar
1. Buku teks pelajaran yang relevan
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran seni budaya kelas XJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran seni budaya kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4. Modul/bahan ajar,
5. internet,
6. Sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
| ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª Pengertian seni ruapa
ª Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
| ||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
| ||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
| |||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
| ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Pengertian seni ruapa
ª Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
| ||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
| ||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
| |||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
ª Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
ª Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
ª Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª Menjelaskan konsep senirupa dua dimensi yang sedang berkembang
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª Konsep dasar seni rupa
……………, 25 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMA N/S Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes Uraian
1. .
2. .
3. .
4. .
5. .
Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran
Alternatif jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
2
| |
2
|
2
| |
3
|
2
| |
4
|
2
| |
5
|
2
| |
Jumlah
|
10
|
Nilai =
Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Uraian
| ||||||||||||
Topik : ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
a. ………………….
b. ………………….
Jawaban :
a. …………………
Pedoman Penskoran
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
e.
dst.
Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran
Alternatif Jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
1
| |
2
|
1
| |
3
|
1
| |
4
|
1
| |
....
|
1
| |
20
|
1
| |
Jumlah
|
20
|
Nilai =
Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda
|
Topik : ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
Jawaban :
a. …………………
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS : .……………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Pernyataan
| |||||||
Pengungkapan
gagasan yang
orisinil
|
Kebenaran Konsep
|
Ketepatan penggunaan istilah
|
Dan lain sebaginya
| ||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
| ||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
3
|
Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN
Penilaian Pengetahuan - Penugasan
|
Mengidentifikasi …………………….
Tugas : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai media.
Indikator : membuat laporan hasil percobaan cara kerja …………………….
Langkah Tugas :
1. Lakukan observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai …………………….
2. Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., ……………………..
3. Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a. Jenis …………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran?
b. Bagaimana yang terjadi?
c. Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan?
4. Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya
|
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
| ||||||||
9
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
| ||
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi
| |||||||||
2
|
Ketepatan memilih bahan
| |||||||||
3
|
Kreativitas
| |||||||||
4
|
Ketepatan waktu pengumpulan tugas
| |||||||||
5
|
Kerapihan hasil
| |||||||||
Jumlah skor
|
Keterangan: 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
NilaiPerolehan =
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA
Pekerjaan :
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat
|
Kriteria
|
4
|
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar,sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungandengan tugas ini
|
3
|
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikitkesalahanperhitungandapatditerima
|
2
|
Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.
|
1
|
Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuanbahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban salah, atau
Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yangbenar.
|
0
|
Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA
KELAS :.…………..
No
|
Nama Siswa
|
Tingkat
|
Nilai
|
Ket.
| |||
4
|
3
|
2
|
1
| ||||
1.
| |||||||
2.
| |||||||
3.
|
Lembar Pengamatan
Penilaian Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : ………………………..
KI : ………………………..
KD : ………………………..
Indikator : ………………………..
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK
Proyek :
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
Orientasi Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!
Langkah-langkah Pengerjaan:
1. Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.
2. Selesaikan masalah terkait ……………
3. Cari data …………… dengan ……………….. tersebut
4. Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
5. Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut
6. Hasil pemecahan masalah dibuat dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah
7. Laporan bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah
8. Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil
9. Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah lain (jika memungkinkan)
10. Laporan dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan
Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria
|
Skor
|
· Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
· Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok sangat baik
|
4
|
· Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
· Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok sangat baik
|
3
|
· Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti
· Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok baik
|
2
|
· Jawaban tidak benar
· Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti
· Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok kurang baik
|
1
|
Tidak melakukan tugas proyek
|
0
|
Penilaian Keterampilan – Proyek
| |||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………… Guru Pembimbing : ……………
Nama Proyek : …………… Nama : ……………
Alokasi Waktu : …………… Kelas : ……………
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PRODUK
Nama Produk : ………………………………..
Nama Peserta Didik : ………………………………..
No
|
Aspek
|
Skor
| |||
1
|
Perencanaan Bahan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Proses Pembuatan
a. Persiapan Alat dan Bahan
b. Teknik Pengolahan
c. K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)
| ||||
3
|
Hasil Produk
a. Bentuk Fisik
b. Bahan
c. Warna
d. Pewangi
e. ……..
| ||||
Total Skor
|
Ø Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat
Ø Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
Rubrik Penilaian
Nama siswa : ………………….
Kelas : ………………….
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1
|
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?
| ||
2
|
2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat sesuai?
| ||
3
|
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?
| ||
4
|
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?
| ||
5.
|
Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?
| ||
6.
|
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?
| ||
7.
|
Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik?
| ||
8.
|
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?
| ||
Jumlah
|
Kriteria: 5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
Penilaian Keterampilan – Produk
| |||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………… Nama Peserta Didik : ……………
Nama Produk : …………… Kelas : ……………
Alokasi Waktu : ……………
|
Penilaian Keterampilan - Portofolio
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………………………..
Kelas/Semester : …………………………..
Peminatan : …………………………..
Tahun Ajaran : 2015/2016
Judul portofolio : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum
Tujuan : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
Ruang lingkup :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1
Uraian tugas portofolio
1. Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas
|
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
|
JUDUL
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
|
……………, ………………………
Mengetahui
Kepala SMA ……. Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
Belum ada Komentar untuk "√ RPP Seni Budaya Kelas X (Seni Rupa) Kur 2013"
Posting Komentar