√ Kumpulan RPP K13 SMP/MTs Semester 2 Kelas VII Lengkap
Jumat, 26 Januari 2018
Tambah Komentar
Kumpulan RPP K13 SMP/MTs Semester 2 Kelas VII.
Kali ini kami akan membagikan link / tautan untuk download atau
mengunduh file RPP Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbaru di Tahun
ajaran 2017/2018 untuk Semester 2 (Genap) khususnya kelas VII SMP/MTs.
File ini sangat berguna sekali bagi para guru yang mengajar di Sekolah
Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah di seluruh Indonesia. Memasuki
awal semester 2 pastinya para guru sudah sangat disibukkan dengan
kegiatan pembelajaran di Sekolah, belum lagi mereka harus mengerjakan
tugas berat yaitu membuat perangkat pembelajaran seperti Prota, Prosem,
Silabus dan RPP yang harus segera dikumpulkan ke pihak kurikulum sebagai
bukti kelengkapan sekolah mengenai data pengajar di masing-masing
sekolah.
Download RPP Kelas VII SMP/MTs Semester II 2017/2018.
Pada artikel ini sengaja akan kami sediakan kumpulan link download yang
dapat membantu anda dalam proses pengunduhan file RPP yang sekiranay
dibutuhkan. File RPP ini
kami buat langsung dari beberapa sumber referensi, salah satunya yaitu
adalah buku siswa dan buku guru Kurikulum 2013 Edisi terbaru yaitu edisi
tahun 2017 untuk tahun pelajaran 2017/2018. Jadi semua Materi Pokok
pembelajaran, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator dan Tujuan
Pembelajaran sudah mengacu pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2017
yang terbaru ini yang digunakan oleh sekolah yang menggunakan K13.
Karena dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2017 yang terbaru ini ada
beberapa materi pembelajaran yang mengalami perubahan materi pokok,
jadi otomatis RPP yang tahun sebelumnya sudah tidak bisa digunakan lagi,
karena materi yang akan diajarkan juga sudah berbeda dan Kompetensi
dasar dan juga indikator yang dicantumkan juga sudah berbeda dari
sebelumnya.
RPP Kelas VII SMP/MTs Semester 2 (Genap) Yang dapat Anda download
meliputi RPP Kelas VII Semester 2 IPA, IPS, Matematika, Bahasa
Indonesia, Bahasa Inggris, PPKn, Penjaskes (PJOK) dan Seni Budaya.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu
pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan darisilabusuntuk
mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya
mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,serta memberikan ruang yangcukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat,minat, dan perkembangan fisik serta psikologispeserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,serta memberikan ruang yangcukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat,minat, dan perkembangan fisik serta psikologispeserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
RPP yang kami buat ini juga sudah mengacu pada Permendikbud no. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Komponen RPP.
Berdasarkan perrmendikbud No. 22 tahun 2016 tentang standar proses, komponen RPP meliputi:
a. Identitas Sekolah, yaitu nama satuan pendidikan;
b. Identitas Mata Pelajaran;
c. Kelas/Semester;
d. Materi Pokok; ditentukan berdasarkan materi yang ada pada KD pada KI 3.
e. Alokasi Waktu; ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
a. Identitas Sekolah, yaitu nama satuan pendidikan;
b. Identitas Mata Pelajaran;
c. Kelas/Semester;
d. Materi Pokok; ditentukan berdasarkan materi yang ada pada KD pada KI 3.
e. Alokasi Waktu; ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
f. Kompetensi Inti
Isi dari komponen kompetensi inti adalah sebagaimana yang tertera dalam
permendikbud No. 21/2016 atau permendikbud No. 24/2016 lampiran 20. Jadi,
pendidik atau guru tinggal menuliskan kembali atau menyalin kompetensi inti
sebagaimana isi permendikbud tersebut.
Isi dari komponen kompetensi inti adalah sebagaimana yang tertera dalam
permendikbud No. 21/2016 atau permendikbud No. 24/2016 lampiran 20. Jadi,
pendidik atau guru tinggal menuliskan kembali atau menyalin kompetensi inti
sebagaimana isi permendikbud tersebut.
g. Tujuan Pembelajaran;
Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
h. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi dasar ditulis dengan mengutip sebaran kompetensi dasar sebagaimana yang ada dalam permendikbud No. 24/2016 lampiran 20 secara utuh, yang meliputi KD pada KI 1, 2, 3, dan 4. Masing-masing sebanyak satu buah KD.
Indikator pencapaian kompetensi dikembangkan berdasarkan KD yang telah dikutip sebelumnya. Pengembangan IPK harus dilakukan secara benar sesuai dengan KKO dan substansi kajian. Setiap satu KD dikembangkan minimal 2 buah IPK.
Indikator pencapaian kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan dan keterampilan, sedangkan aspek sikap, dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasinal yang dapat diamati.
Kompetensi dasar ditulis dengan mengutip sebaran kompetensi dasar sebagaimana yang ada dalam permendikbud No. 24/2016 lampiran 20 secara utuh, yang meliputi KD pada KI 1, 2, 3, dan 4. Masing-masing sebanyak satu buah KD.
Indikator pencapaian kompetensi dikembangkan berdasarkan KD yang telah dikutip sebelumnya. Pengembangan IPK harus dilakukan secara benar sesuai dengan KKO dan substansi kajian. Setiap satu KD dikembangkan minimal 2 buah IPK.
Indikator pencapaian kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan dan keterampilan, sedangkan aspek sikap, dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasinal yang dapat diamati.
i. Materi Pembelajaran;
Materi ajar atau materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan metakognitif yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi.
Muatan materi pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial;
Materi ajar atau materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan metakognitif yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi.
Muatan materi pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial;
j. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran digunakanolehpendidikuntukmewujudkan suasana belajar dan proses pembel ajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai.
Penjabaran kegiatan pembelajaran yang ada pada silabus dalam bentuk yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan satuan pendidikan termasuk penggunaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.Kegiatan pembelajaran mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru dapat mengembangkan kegiatan pembelajaran mengacu kepada buku guru, namun dapat juga mengembangkan kegiatan lain sesuai dengan kreatifitas guru tanpa mengesampingkan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus.
Metode pembelajaran digunakanolehpendidikuntukmewujudkan suasana belajar dan proses pembel ajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai.
Penjabaran kegiatan pembelajaran yang ada pada silabus dalam bentuk yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan satuan pendidikan termasuk penggunaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.Kegiatan pembelajaran mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru dapat mengembangkan kegiatan pembelajaran mengacu kepada buku guru, namun dapat juga mengembangkan kegiatan lain sesuai dengan kreatifitas guru tanpa mengesampingkan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus.
k. Media Pembelajaran;
Media pembelajaran berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
Media pembelajaran berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
l. Sumber Belajar;
Sumber belajar yang dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran dapatberupa buku,media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
Sumber belajar yang dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran dapatberupa buku,media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
m. Langkah-langkah Pembelajaran;
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan melalui tahapan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup;
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan melalui tahapan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup;
n. Penilaian Hasil Pembelajaran
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.
Penilaian diisi dengan penilaian aspek pengetahuan, penilaian aspek keterampilan dan penilaian aspek sikap.Teknik dan instrument penilaian disesuaikan dengan karakteristik KD untuk pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Pengembangan penilaian pembelajaran dengan cara menentukan teknikpenilaian yang dipergunakan, bentuk instrumen penilaian, kisi-kisi, instrumen penilaian, kunci jawaban serta pedoman penskoran pada setiap pertemuan.
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.
Penilaian diisi dengan penilaian aspek pengetahuan, penilaian aspek keterampilan dan penilaian aspek sikap.Teknik dan instrument penilaian disesuaikan dengan karakteristik KD untuk pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Pengembangan penilaian pembelajaran dengan cara menentukan teknikpenilaian yang dipergunakan, bentuk instrumen penilaian, kisi-kisi, instrumen penilaian, kunci jawaban serta pedoman penskoran pada setiap pertemuan.
Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai komponen-komponen yang harus
dimiliki oleh sebuah RPP yang bagus dan sesuai dengan perrmendikbud
No. 22 tahun 2016 tentang standar proses, komponen RPP. Untuk
mendownload beberapa RPP RPP K13 SMP/MTs Semester 2 Kelas VII adna bisa
langsung pada link download di bawah ini:
Link Download:RPP SMPT/MTs Semester 2 Kelas VII Bahasa IndonesiaRPP SMPT/MTs Semester 2 Kelas VII Bahasa InggrisRPP SMPT/MTs Semester 2 Kelas VII PJOKRPP SMPT/MTs Semester 2 Kelas VII Seni Budaya
RPP SMPT/MTs Semester 2 Kelas VII PAI
Atau File RPP Kelas VII Semester 2 IPA Lainnya:
Silabus SMP IPA KLS VII.doc
RPP/Silabus Bahasa Indonesia SMP Semester 2 Revisi 2016 Kelas VII
A. Materi Pokok: Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat
Unduh RPP SMP 5.1 Unduh RPP SMP 5.2 Unduh RPP SMP 5.3 Unduh RPP SMP 5.4 Unduh RPP SMP 5.5
B. Materi Pokok: Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel pada teks yang
Unduh RPP SMP 6.1 Unduh RPP SMP 6.2 Unduh RPP SMP 6.3 Unduh RPP SMP 6.4 Unduh RPP SMP 6.5
RPP/Silabus Bahasa Indonesia SMP Semester 2 Revisi 2016 Kelas VII
A. Materi Pokok: Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat
Unduh RPP SMP 5.1 Unduh RPP SMP 5.2 Unduh RPP SMP 5.3 Unduh RPP SMP 5.4 Unduh RPP SMP 5.5
B. Materi Pokok: Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel pada teks yang
Unduh RPP SMP 6.1 Unduh RPP SMP 6.2 Unduh RPP SMP 6.3 Unduh RPP SMP 6.4 Unduh RPP SMP 6.5
C. Materi Pokok: Ciri umum surat pribadi dan surat dinas
Unduh RPP SMP 7.1 Unduh RPP SMP 7.2 Unduh RPP SMP 7.3 Unduh RPP SMP 7.4 Unduh RPP SMP 7.5
Unduh RPP SMP 7.1 Unduh RPP SMP 7.2 Unduh RPP SMP 7.3 Unduh RPP SMP 7.4 Unduh RPP SMP 7.5
D. Materi Pokok: Menemukan unsur-unsur dari buku ksi dan non ksi
Unduh RPP SMP 8.1 Unduh RPP SMP 8.2 Unduh RPP SMP 8.3 Unduh RPP SMP 8.4
Unduh RPP SMP 8.1 Unduh RPP SMP 8.2 Unduh RPP SMP 8.3 Unduh RPP SMP 8.4
Bahasa Inggris
Penjaskes
Seni Budaya :
Belum ada Komentar untuk "√ Kumpulan RPP K13 SMP/MTs Semester 2 Kelas VII Lengkap"
Posting Komentar