√ Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018
Jumat, 26 Januari 2018
Tambah Komentar
Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018. Selamat datang para pengunjung website arsipguru, yang pastinya disini kami akan membagikan file Silabus Bahasa
Inggris Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2017/2018 SMP/MTs kelas VII, VIII
dan IX (7,8 dan 9). Memasuki awal semester tahun pelajaran 2017/2018
baik semester 1 ataupun semester 2, pastinya para guru sudah disibukkan
dengan beberapa dokumen yang harus mereka buat sebelum memulai proses
pembelajajaran di sekolah. Para guru diharuskan membuat perangkat
mengajar yang tentunya nanti akan dikirimkan ke pihak kurikulum di
sekolah tempat mereka mengajar.
Download Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs K13 Revisi Terbaru. Pada artikel ini kami akan sediakan link download yang dapat digunakan oleh para pengunjung website ini untuk mengunduh file Silabus yang
telah mereka cari, semoga file yang kami bagikan ini dapat berguna bagi
para guru yang membutuhkan. Namun, sebelumnya kami juga menyediakan
cuplikan sebagian isi dan penjelasan mengenai Silabus Terbaru untuk
pengajaran di SMP/MTs.
MODEL SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH (SMP/MTs)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2017
I. PENDAHULUAN
A. Rasional
Pengajaran bahasa Inggris berfokus pada peningkatan kompetensi siswa untuk mampumenggunakan bahasa tersebut dalam mencapai tujuan komunikasi di berbagai konteks,baik lisan maupun tulis. Salah satu pendekatan yang berfokus pada peningkatankompetensi siswa untuk menggunakan bahasa yang dipelajarinya dalam berbagai tujuankomunikasi adalah pengajaran berbasis teks. Pembelajaran ini adalah pembelajaran yangmengacu pada fungsi bahasa dan penggunaannya, yang merupakan satu kesatuan maknabaik lisan maupun tulis. Adapun yang dimaksud dengan teks adalah kesatuan makna yangdapat terdiri atas satu kata seperti kata ‘stop’ dipinggir jalan, satu frase ‘no smoking’, satukalimat berupa pengumuman sampai satu buku. Dengan demikian, pembelajaran berbasisgenre sangat relevan untuk diterapkan.
Teks dipelajari bukan sebagai sasaran akhir, tetapi sebagai alat untuk melakukan berbagaiaktivitas dalam kehidupan nyata. Pada tingkat dasar ini, materi ajar terdiri atas teks-tekspendek dan sederhana. Pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman dalammenggunakan teks-teks berbahasa Inggris untuk memahami dan menerapkan pengetahuanfaktual, konseptual, dan prosedural terkait fenomena dan kejadian tampak mata, melaluikegiatan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis dalam ranah konkret. Penggunaanteks juga bertujuan untuk mengembangkan sikap menghargai dan menghayati nilai-nilaiagama dan sosial, termasuk perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungansosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Pembelajaran bahasa Inggris berbasis teks mendukung pembelajaran pada mata pelajaranlain dalam kurikulum. Misalnya, pembelajaran teks deskriptif akan mengembangkankemampuan siswa antara lain pada mata pelajaran Seni Budaya untuk mempromosikanwisata di Indonesia. Selain itu, pembelajaran jenis teks lain akan membantu siswa dalammemperluas wawasan keilmuannya tentang materi dalam mata pelajaran lain dalam skalainternasional.
Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehinggamudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agarpenyajiannya lebih efisien,tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinyatidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dankompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide,desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudahdipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untukdipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Silabus inimerupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran bersifatfleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal.
Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materipembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalamsilabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajarantersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagaimodel yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalammelaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi,pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yangdisesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangankemampuan siswa.
Pengajaran bahasa Inggris berfokus pada peningkatan kompetensi siswa untuk mampumenggunakan bahasa tersebut dalam mencapai tujuan komunikasi di berbagai konteks,baik lisan maupun tulis. Salah satu pendekatan yang berfokus pada peningkatankompetensi siswa untuk menggunakan bahasa yang dipelajarinya dalam berbagai tujuankomunikasi adalah pengajaran berbasis teks. Pembelajaran ini adalah pembelajaran yangmengacu pada fungsi bahasa dan penggunaannya, yang merupakan satu kesatuan maknabaik lisan maupun tulis. Adapun yang dimaksud dengan teks adalah kesatuan makna yangdapat terdiri atas satu kata seperti kata ‘stop’ dipinggir jalan, satu frase ‘no smoking’, satukalimat berupa pengumuman sampai satu buku. Dengan demikian, pembelajaran berbasisgenre sangat relevan untuk diterapkan.
Teks dipelajari bukan sebagai sasaran akhir, tetapi sebagai alat untuk melakukan berbagaiaktivitas dalam kehidupan nyata. Pada tingkat dasar ini, materi ajar terdiri atas teks-tekspendek dan sederhana. Pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman dalammenggunakan teks-teks berbahasa Inggris untuk memahami dan menerapkan pengetahuanfaktual, konseptual, dan prosedural terkait fenomena dan kejadian tampak mata, melaluikegiatan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis dalam ranah konkret. Penggunaanteks juga bertujuan untuk mengembangkan sikap menghargai dan menghayati nilai-nilaiagama dan sosial, termasuk perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungansosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Pembelajaran bahasa Inggris berbasis teks mendukung pembelajaran pada mata pelajaranlain dalam kurikulum. Misalnya, pembelajaran teks deskriptif akan mengembangkankemampuan siswa antara lain pada mata pelajaran Seni Budaya untuk mempromosikanwisata di Indonesia. Selain itu, pembelajaran jenis teks lain akan membantu siswa dalammemperluas wawasan keilmuannya tentang materi dalam mata pelajaran lain dalam skalainternasional.
Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehinggamudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agarpenyajiannya lebih efisien,tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinyatidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dankompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide,desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudahdipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untukdipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Silabus inimerupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran bersifatfleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal.
Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materipembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalamsilabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajarantersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagaimodel yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalammelaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi,pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yangdisesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangankemampuan siswa.
B. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Bahasa Inggris di Pendidikan
Dasar dan Pendidikan Menengah
Secara umum kompetensi Bahasa Inggris adalah kemampuan berkomunikasi dalam tigajenis wacana, (1) interpersonal, (2) transaksional, dan (3) fungsional, secara lisan dantulis, pada tataran literasi informasional, untuk melaksanakan fungsi sosial, dalam kontekskehidupan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi. Siswa dipandu untukmenggunakan berbagai bentuk teks untuk kebutuhan literasi dasar, dengan struktur yangberterima secara koheren dan kohesif serta unsur-unsur kebahasaan secara tepat. Berikutruang lingkup kompetensi dan materi Bahasa Inggris.
Dasar dan Pendidikan Menengah
Secara umum kompetensi Bahasa Inggris adalah kemampuan berkomunikasi dalam tigajenis wacana, (1) interpersonal, (2) transaksional, dan (3) fungsional, secara lisan dantulis, pada tataran literasi informasional, untuk melaksanakan fungsi sosial, dalam kontekskehidupan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi. Siswa dipandu untukmenggunakan berbagai bentuk teks untuk kebutuhan literasi dasar, dengan struktur yangberterima secara koheren dan kohesif serta unsur-unsur kebahasaan secara tepat. Berikutruang lingkup kompetensi dan materi Bahasa Inggris.
KOMPETENSI
Menunjukkan perilaku yang berterimadalam lingkungan personal, sosialbudaya, akademik, dan profesi;
Mengidentifikasi fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaandari teks pendek dalam kehidupan dankegiatan siswa sehari-hari;
Berkomunikasi secara interpersonal,transaksional dan fungsional tentangdiri sendiri, keluarga, serta orang,binatang, dan benda, kongkret danimajinatif yang terdekat dengankehidupan dan kegiatan siswa seharihari di rumah, sekolah, danmasyarakat, serta terkait dengan matapelajaran lain dan dunia kerja;
Menangkap makna dan menyusun tekslisan dan tulis, dengan menggunakanstruktur teks secara urut dan runtutserta unsur kebahasaan secara akurat,berterima, dan lancar.
Menunjukkan perilaku yang berterimadalam lingkungan personal, sosialbudaya, akademik, dan profesi;
Mengidentifikasi fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaandari teks pendek dalam kehidupan dankegiatan siswa sehari-hari;
Berkomunikasi secara interpersonal,transaksional dan fungsional tentangdiri sendiri, keluarga, serta orang,binatang, dan benda, kongkret danimajinatif yang terdekat dengankehidupan dan kegiatan siswa seharihari di rumah, sekolah, danmasyarakat, serta terkait dengan matapelajaran lain dan dunia kerja;
Menangkap makna dan menyusun tekslisan dan tulis, dengan menggunakanstruktur teks secara urut dan runtutserta unsur kebahasaan secara akurat,berterima, dan lancar.
RUANG LINGKUP MATERI
Teks-teks pendek dalam wacana interpersonal,transaksional, fungsional khusus, dan fungsionaldalam bentuk teks descriptive, recount, narrative,procedure, report, explanation, analyticalexposition, dan news item, pada tataran literasiinformasional;
Penguasaan setiap jenis teks mencakup tigaaspek, yaitu fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan, yang ketiganya ditentukan dandipilih sesuai tujuan dan konteks komunikasinya;
Sikap mencakup menghayati dan mengamalkanperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),santun, responsif dan proaktif dan menunjukkansikap sebagai bagian dari solusi atas berbagaipermasalahan;
Keterampilan mencakup menyimak, berbicara,membaca, menulis, dan menonton, secara efektif,dengan lingkungan sosial dan alam dalam lingkup
pergaulan dunia;
Unsur-unsur kebahasaan mencakup penandawacana, kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanankata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan kerapiantulisan tangan;
Modalitas: dengan batasan makna yang jelas.
Teks-teks pendek dalam wacana interpersonal,transaksional, fungsional khusus, dan fungsionaldalam bentuk teks descriptive, recount, narrative,procedure, report, explanation, analyticalexposition, dan news item, pada tataran literasiinformasional;
Penguasaan setiap jenis teks mencakup tigaaspek, yaitu fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan, yang ketiganya ditentukan dandipilih sesuai tujuan dan konteks komunikasinya;
Sikap mencakup menghayati dan mengamalkanperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),santun, responsif dan proaktif dan menunjukkansikap sebagai bagian dari solusi atas berbagaipermasalahan;
Keterampilan mencakup menyimak, berbicara,membaca, menulis, dan menonton, secara efektif,dengan lingkungan sosial dan alam dalam lingkup
pergaulan dunia;
Unsur-unsur kebahasaan mencakup penandawacana, kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanankata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan kerapiantulisan tangan;
Modalitas: dengan batasan makna yang jelas.
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN
A. Kelas : VII
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidaklangsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan danKompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolahdengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang prosespembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalammengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagaiberikut ini.
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidaklangsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan danKompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolahdengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang prosespembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalammengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagaiberikut ini.
Kompetensi Dasar
Siswa mampu:
3.1 mengidentifikasi fungsi sosial,struktur teks, dan unsurkebahasaan teks interaksiinterpersonal lisan dan tulisyang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan,mengucapkan terimakasih, danmeminta maaf, sertamenanggapinya, sesuai dengankonteks penggunaannya
4.1 menyusun teks interaksiinterpersonal lisan dan tulissangat pendek dan sederhanayang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dansesuaikonteks
Siswa mampu:
3.1 mengidentifikasi fungsi sosial,struktur teks, dan unsurkebahasaan teks interaksiinterpersonal lisan dan tulisyang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan,mengucapkan terimakasih, danmeminta maaf, sertamenanggapinya, sesuai dengankonteks penggunaannya
4.1 menyusun teks interaksiinterpersonal lisan dan tulissangat pendek dan sederhanayang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dansesuaikonteks
Materi Pokok
Fungsi sosial
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Ungkapan-ungkapan yanglazim digunakan
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
Topik
Interaksi antara siswa di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI
Fungsi sosial
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Ungkapan-ungkapan yanglazim digunakan
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
Topik
Interaksi antara siswa di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakanmenyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI
Pembelajaran
- Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengidentifikasi ungkapan yang sedangdipelajari
- Belajar menanyakan halhal yang tidak diketahui atau yang berbeda
- Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dariberbagaisituasi lain yang serupa
- Membiasakan menerapkan tindakan yangsedang dipelajari. dalaminteraksi dengan guru danteman secara alami didalam dan di luar kelas- Melakukan refleksitentang proses dan hasilbelajar
- Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengidentifikasi ungkapan yang sedangdipelajari
- Belajar menanyakan halhal yang tidak diketahui atau yang berbeda
- Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dariberbagaisituasi lain yang serupa
- Membiasakan menerapkan tindakan yangsedang dipelajari. dalaminteraksi dengan guru danteman secara alami didalam dan di luar kelas- Melakukan refleksitentang proses dan hasilbelajar
Kelas : VIII
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidaklangsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan danKompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolahdengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang prosespembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalammengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Peterampilan sebagaiberikut ini.
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidaklangsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan danKompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolahdengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang prosespembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalammengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Peterampilan sebagaiberikut ini.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1 menerapkan fungsi sosial,struktur teks, dan unsurkebahasaan teks interaksiinterpersonal lisan dantulis yang melibatkantindakan memintaperhatian, mengecekpemahaman, menghargaikinerja, meminta danmengungkapkanpendapat, sertamenanggapinya, sesuaidengan kontekspenggunaannya
4.1 menyusun teks interaksiinterpersonal lisan dantulis sangat pendek dansederhana yangmelibatkan tindakanmeminta perhatian,mengecek pemahaman ,menghargai kinerja, sertameminta danmengungkapkanpendapat, danmenanggapinya denganmemperhatikan fungsisosial, struktur teks, danunsur kebahasaan yangbenar dan sesuai konteks
Fungsi Sosial
Menjaga hubunganinterpersonal dengan guru danteman
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/diluar dugaan)
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan a.l. Excuse me, Is itclear?, Great, I think so., dsb.
- Ucapan, tekanan kata,intonasi, ejaan, tanda baca,dan tulisan tangan
Topik
Interaksi antara siswa dan gurudi dalam dan di luar kelas yang tindakan meminta perhatian,mengecek pemahaman,menghargai kinerja, memintadan mengungkapkan pendapt yang dapat
menumbuhkanperilaku yangtermuat di KI
- Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapacontoh percakapan, denganucapan dan tekanan katayang benar
- Mengidentifikasi ungkapanyang sedang dipelajari- Menanyakan hal-hal yangtidak diketahui atau yangberbeda
- Menentukan ungkapan yangtepat secara lisan/tulis dariberbagai situasi lain yangserupa
- Membiasakan menerapkanyang sedang dipelajari dalaminteraksi dengan guru danteman secara alami di dalamdan di luar kelas
- Melakukan refleksi tentangproses dan hasil belajar
Siswa mampu:
3.1 menerapkan fungsi sosial,struktur teks, dan unsurkebahasaan teks interaksiinterpersonal lisan dantulis yang melibatkantindakan memintaperhatian, mengecekpemahaman, menghargaikinerja, meminta danmengungkapkanpendapat, sertamenanggapinya, sesuaidengan kontekspenggunaannya
4.1 menyusun teks interaksiinterpersonal lisan dantulis sangat pendek dansederhana yangmelibatkan tindakanmeminta perhatian,mengecek pemahaman ,menghargai kinerja, sertameminta danmengungkapkanpendapat, danmenanggapinya denganmemperhatikan fungsisosial, struktur teks, danunsur kebahasaan yangbenar dan sesuai konteks
Fungsi Sosial
Menjaga hubunganinterpersonal dengan guru danteman
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/diluar dugaan)
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan a.l. Excuse me, Is itclear?, Great, I think so., dsb.
- Ucapan, tekanan kata,intonasi, ejaan, tanda baca,dan tulisan tangan
Topik
Interaksi antara siswa dan gurudi dalam dan di luar kelas yang tindakan meminta perhatian,mengecek pemahaman,menghargai kinerja, memintadan mengungkapkan pendapt yang dapat
menumbuhkanperilaku yangtermuat di KI
- Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapacontoh percakapan, denganucapan dan tekanan katayang benar
- Mengidentifikasi ungkapanyang sedang dipelajari- Menanyakan hal-hal yangtidak diketahui atau yangberbeda
- Menentukan ungkapan yangtepat secara lisan/tulis dariberbagai situasi lain yangserupa
- Membiasakan menerapkanyang sedang dipelajari dalaminteraksi dengan guru danteman secara alami di dalamdan di luar kelas
- Melakukan refleksi tentangproses dan hasil belajar
Kelas : IX
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1 menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapanselamatatassuatuk ebahagiaandanprestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan
ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya,dengan memperhatikanfungsi sosial, strukturteks, dan unsurekebahasaan yang benardansesuaikonteks
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru danteman
Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/diluar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Ungkapan a.l.
Congratulations,I hope so,Iwish you luck; dll.
- Ucapan, tekanan kata,intonasi, ejaan, tanda baca,dan tulisan tangan
Topik
Prestasi dan kebahagiaan yangdapat menumbuhkanperilakuyang termuat di KI
- Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari
- Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
- Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
- Melakukan percakapan terkait tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa mampu:
3.1 menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapanselamatatassuatuk ebahagiaandanprestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan
ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya,dengan memperhatikanfungsi sosial, strukturteks, dan unsurekebahasaan yang benardansesuaikonteks
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru danteman
Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/diluar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Ungkapan a.l.
Congratulations,I hope so,Iwish you luck; dll.
- Ucapan, tekanan kata,intonasi, ejaan, tanda baca,dan tulisan tangan
Topik
Prestasi dan kebahagiaan yangdapat menumbuhkanperilakuyang termuat di KI
- Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari
- Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
- Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
- Melakukan percakapan terkait tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Demikianlah tadi beberapa cuplikan sekilas mengenai isi dari Silabus Bahasa Inggris K13 Revisi 2017 SMP/MTs yang dapat anda lihat selengkapnya pada file yang dapat anda download pada link download yang telah kami sediakan di bawah ini:
Link Download:
Belum ada Komentar untuk "√ Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018"
Posting Komentar