√ Silabus IPS SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017/2018 Kelas 4,5,6
Jumat, 26 Januari 2018
Tambah Komentar
Silabus IPS SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017/2018.
Pada artikel ini akan kami ulas dan bagikan file Silabus Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) SD/MI Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru di
Tahun pelajaran 2017/2018. Yang membutuhkan silabus biasanya
adalah para tenaga pendidik / guru yang akan mengajar di sekolah.
Khusus untuk Guru Sekolah Dasar (SD) yang mengajar mata pelajaran IPS di
kelas 4,5,6 Anda dapat mengunduh file Silabus Revisi terbaru ini dan
kemudian dapat menyusun RPP dan perangkat lain yang digunakan sebelum
memulai pembelajaran pada awal Semester 1 (ganjil) atau Semester 2
(genap).
Berikut ini merupakan gambaran umum dan cuplikan isi Silabus IPS SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru di Tahun pelajaran 2017/2018 yang dapat Anda download.
SILABUS MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)
I. PENDAHULUAN
Silabus Mata Pelajaran IPS SD/MI disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus ini
bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru
untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi
keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen
silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan
pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan
alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran
tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat
mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik
masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru
diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses
pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan
dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan
kemampuan peserta didik.
Pembelajaran di SD/MI dari Kelas I sampai dengan Kelas VI
dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik
Terpadu SD/MI telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan
dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah.
Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran
tematik terpadu, dapat menggunakan dokumen Silabus Mata Pelajaran IPS
SD/MI ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD sebagai acuan.
C. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Konten pendidikan IPS terdiri atas pengetahuan, keterampilan, nilai
dan sikap yang dikembangkan dari masyarakat dan disiplin ilmu-ilmu
sosial. Secara rinci, konten IPS meliputi: (1) aspek pengetahuan tentang
kehidupan masyarakat di sekitarnya, bangsa, dan umat manusia dalam
berbagai bidang kehidupan dan lingkungannya; (2) aspek keterampilan
terdiri atas berpikir logis dan kritis, membaca, keterampilan belajar
(learning skills), memecahkan masalah, berkomunikasi, dan bekerjasama
dalam kehidupan bermasyarakat-berbangsa (3) aspek sikap terdiri atas
nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, keingintahuan,
kemandirian, menghargai prestasi, berkompetisi, kreatif dan inovatif.
Muatan IPS di kelas I sampai dengan Kelas III terintegrasi pada Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn. Kompetensi yang
diharapkan setelah peserta didik mengikuti pembelajaran IPS di SD/MI,
yaitu:
Kelas I-III
Kelas I, II dan III terintegrasi dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn
Kompetensi yang diharapkan adalah:
Kelas I, II dan III terintegrasi dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn
Kompetensi yang diharapkan adalah:
- Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan waktu, manusia, dan lingkungannya
- Menunjukkan perilaku sosial di lingkungan setempat
- Mengenal diri dan keluarga/ orang-orang di tempat tinggalnya, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada diri sendiri dan keluarga, teknologi produksi, komunikasi, serta transportasi di lingkungan setempat
- Menceritakan tentang diri dan keluarga/ orang-orang di tempat tinggalnya, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada diri sendiri dan keluarga teknologi produksi, komunikasi, serta transportasi di lingkungan setempat
- Menunjukkan perilaku sosial di lingkungan setempat
- Mengenal diri dan keluarga/ orang-orang di tempat tinggalnya, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada diri sendiri dan keluarga, teknologi produksi, komunikasi, serta transportasi di lingkungan setempat
- Menceritakan tentang diri dan keluarga/ orang-orang di tempat tinggalnya, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada diri sendiri dan keluarga teknologi produksi, komunikasi, serta transportasi di lingkungan setempat
Kelas IV
- Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan waktu, manusia, dan lingkungannya
- Menunjukkan perilaku sosial dan budaya yang mencerminkan jatidiri bangsa Indonesia
- Mengenal konsep dan karakteristik ruang, waktu dan aktifitas manusia dalam kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya,
- Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama dalam masyarakat
- Menceritakan hasil eksplorasi mengenai kehidupan bangsa Indonesia
Kelas V-VI
- Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dalam mengelola lingkungannya
- Menunjukkan perilaku sosial dan budaya yang mencerminkan dirinya sebagai warganegara
Indonesia
- Menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memanfaatkannya secara bijaksana
- Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan dan perubahan sosial yang terjadi
- Menceritakan peran ekonomi
- Meneladani tindakan heroik pemimpin bangsa, dalam kehidupan sosial dan budaya bangsa Indonesia
- Menceritakan hasil eksplorasi mengenai kehidupan bangsa Indonesia
- Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan waktu, manusia, dan lingkungannya
- Menunjukkan perilaku sosial dan budaya yang mencerminkan jatidiri bangsa Indonesia
- Mengenal konsep dan karakteristik ruang, waktu dan aktifitas manusia dalam kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya,
- Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama dalam masyarakat
- Menceritakan hasil eksplorasi mengenai kehidupan bangsa Indonesia
Kelas V-VI
- Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dalam mengelola lingkungannya
- Menunjukkan perilaku sosial dan budaya yang mencerminkan dirinya sebagai warganegara
Indonesia
- Menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memanfaatkannya secara bijaksana
- Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan dan perubahan sosial yang terjadi
- Menceritakan peran ekonomi
- Meneladani tindakan heroik pemimpin bangsa, dalam kehidupan sosial dan budaya bangsa Indonesia
- Menceritakan hasil eksplorasi mengenai kehidupan bangsa Indonesia
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Mata pelajaran IPS diberikan sejak jenjang SD/MI sampai SMA/MA. Pada
jenjang SD/MI kelas I, II dan III muatan IPS diintegrasikan pada
kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika,
sedangkan untuk kelas IV sampai kelas VI, IPS menjadi mata pelajaran
tersendiri tetapi pembelajarannya dilakukan secara tematik terpadu
dengan mata pelajaran lainnya.
Kerangka Pengembangan Kurikulum IPS SD/MI kelas IV sampai kelas VI mengikuti pengorganisasian Kompetensi Inti sebagai berikut.
Kerangka Pengembangan Kurikulum IPS SD/MI kelas IV sampai kelas VI mengikuti pengorganisasian Kompetensi Inti sebagai berikut.
Kelas IV
1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kelas V
1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air
3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air
3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kelas VI
1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya , serta cinta tanah air
3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain
4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya , serta cinta tanah air
3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain
4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (Indirect Teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang
proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Ruang Lingkup Mata Pelajaran IPS untuk Sekolah Dasar:
Ruang lingkup mata pelajaran IPS SD
1. Karakteristik keruangan dalam lingkup nasional dan regional
2. Keragaman sosial, interaksi sosial dan perubahan sosial
3. Kegiatan ekonomi penduduk
4. Perubahan masyarakat Indonesia sejak jaman Hindu Buddha sampai sekarang.
Ruang lingkup mata pelajaran IPS SD
1. Karakteristik keruangan dalam lingkup nasional dan regional
2. Keragaman sosial, interaksi sosial dan perubahan sosial
3. Kegiatan ekonomi penduduk
4. Perubahan masyarakat Indonesia sejak jaman Hindu Buddha sampai sekarang.
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas IV
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
Materi Pembelajaran
• Letak dan luas kabupaten/ kota dan provinsi dalam peta
• Kondisi/karak-teristik alam (iklim, bentuk muka bumi, flora, fauna)
• Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran)
• Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam
• Letak dan luas kabupaten/ kota dan provinsi dalam peta
• Kondisi/karak-teristik alam (iklim, bentuk muka bumi, flora, fauna)
• Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran)
• Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam
Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati gambar/peta/ foto/video/teks bacaan yang relevan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam.
• Mendiskusikan/mengum-pulkan data yang berhubungan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam.
• Mengidentifikasi dan menyimpulkan bersama tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.
• Mengamati gambar/peta/ foto/video/teks bacaan yang relevan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam.
• Mendiskusikan/mengum-pulkan data yang berhubungan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam.
• Mengidentifikasi dan menyimpulkan bersama tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.
B. Kelas V
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi mengenai karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi mengenai karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
Materi Pembelajaran
• Letak dan luas Indonesia dalam peta
• Kondisi alam wilayah Indonesia (iklim, geologi, bentuk muka bumi, flora, fauna)
• Karakteristik kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran dan pertumbuhan)
• Pengaruh negara maritim dan agraris terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
• Letak dan luas Indonesia dalam peta
• Kondisi alam wilayah Indonesia (iklim, geologi, bentuk muka bumi, flora, fauna)
• Karakteristik kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran dan pertumbuhan)
• Pengaruh negara maritim dan agraris terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati gambar/peta/foto/ video/ tabel/ teks bacaan dan bertanya jawab tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
• Mendiskusikan dan mengumpulkan informasi dari sumber lain yang berhubungan dengan karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
• Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
• Mengamati gambar/peta/foto/ video/ tabel/ teks bacaan dan bertanya jawab tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
• Mendiskusikan dan mengumpulkan informasi dari sumber lain yang berhubungan dengan karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
• Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
C. Kelas VI
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakte-ristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakte-ristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
Materi Pembelajaran
• Posisi dan luas wilayah ASEAN pada peta Asia
• Karakteristik kondisi alam kawasan ASEAN
• Karakteristik kependudukan (jumlah, sebaran, komposisi, kepadatan dan pertumbuhan penduduk) kawasan ASEAN
• Negara-negara ASEAN (11 negara)
• Posisi wilayah ASEAN dalam politik, ekonomi, sosial budaya
• Posisi dan luas wilayah ASEAN pada peta Asia
• Karakteristik kondisi alam kawasan ASEAN
• Karakteristik kependudukan (jumlah, sebaran, komposisi, kepadatan dan pertumbuhan penduduk) kawasan ASEAN
• Negara-negara ASEAN (11 negara)
• Posisi wilayah ASEAN dalam politik, ekonomi, sosial budaya
Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati peta Asia/gambar/video/ grafik/teks/lagu/gam-bar/dan
bertanya jawab tentang karakteristik geografis wilayah ASEAN dan
kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
• Mendiskusikan/mem-baca dari berbagai sumber/membuat tabel karakteristik/wawan-cara tentang karakteristik geografis wilayah ASEAN; dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
• Mempresentasikan secara lisan maupun tertulis tentang hasil identifikasi dan hasil diskusi dari karakteristik geografis wilayah ASEAN; dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
• Mendiskusikan/mem-baca dari berbagai sumber/membuat tabel karakteristik/wawan-cara tentang karakteristik geografis wilayah ASEAN; dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
• Mempresentasikan secara lisan maupun tertulis tentang hasil identifikasi dan hasil diskusi dari karakteristik geografis wilayah ASEAN; dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
Download Juga: Kumpulan Silabus SD/MI K13 Revisi Terbaru 2017/2018*keterangan:
Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dan gambaran umum mengenai Silabus IPS SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017/2018.
Anda dapat mengunduh versi lengkap dan utuhnya pada link download di
bawah ini. Semoga file tersebut dapat bermanfaat bagi para guru yang
membutuhkan di seluruh Indonesia. Sekian Terima kasih.
Link Download:
Belum ada Komentar untuk "√ Silabus IPS SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017/2018 Kelas 4,5,6"
Posting Komentar