√ Lanjutan Contoh Soal Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2018 Kompetensi Pedagogik, Nomor Soal 51 s.d 100 .....
Minggu, 04 Maret 2018
Tambah Komentar
Berikut ini kami sajikan lanjutan Contoh Soal
PPG 2018 kompetensi pedagogik bagi sahabat guru-guru yang akan
mengahapi PPG tahun 2018 mendatang. Soal PPG bagian ini adalah lanjutan
dari soal nomor 51 s.d nomo 100 dengan Kunci Jawaban
yang tercetak tebal.
51.Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B.merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C.dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D.Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
A.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B.merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C.dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D.Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
52.Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A.Pencapaian standar kompetensi
B.Pencapaian kompetensi dasar.
C.Pencapaian tujuan pembelajaran
D.Pencapaian standar kelulusan
A.Pencapaian standar kompetensi
B.Pencapaian kompetensi dasar.
C.Pencapaian tujuan pembelajaran
D.Pencapaian standar kelulusan
53.Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A.Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B.Menambah bahan pelajaran baru
C.Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D.Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
A.Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B.Menambah bahan pelajaran baru
C.Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D.Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
54.Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A.Pedoman observasi
B.Kuesioner
C.Pedoman wawancara
D.Tes hasil belajar
A.Pedoman observasi
B.Kuesioner
C.Pedoman wawancara
D.Tes hasil belajar
55.Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A.Buku sumber yang digunakan
B.Kurikulum dan silabus
C.Indikator pencapaian kompetensi
D.Kemampuan awal siswa
A.Buku sumber yang digunakan
B.Kurikulum dan silabus
C.Indikator pencapaian kompetensi
D.Kemampuan awal siswa
56.Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A.penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B.penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C.penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D.penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
A.penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B.penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C.penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D.penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57.Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut,kecuali:
A.Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B.Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C.Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D.Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
A.Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B.Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C.Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D.Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
58.Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai
oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan
dengan menghitung nilai;
A.Mean
B.Modus
C.Median
D.Simpangan baku
A.Mean
B.Modus
C.Median
D.Simpangan baku
59.Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A.Penilaian hasil belajar peserta didik
B.Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C.Penilaian silabus dan RPP
D.Penilaian standar kompetensi lulusan
A.Penilaian hasil belajar peserta didik
B.Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C.Penilaian silabus dan RPP
D.Penilaian standar kompetensi lulusan
60.Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar
peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai,
perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender,
dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek
penilaian….
A.Objektivitas.
B.Transparan
C.Bermakna
D.Menyeluruh
A.Objektivitas.
B.Transparan
C.Bermakna
D.Menyeluruh
61.Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai
berikut:
A.Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
A.Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
62.Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A.proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C.sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
A.proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C.sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
63.Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A.Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C.Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
A.Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C.Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
64..Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria
ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya
merupakan:
A.Nilai batas ambang kompetensi
B.Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C.Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D.Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
A.Nilai batas ambang kompetensi
B.Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C.Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D.Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
65.Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A.Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B.Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C.Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D.Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
A.Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B.Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C.Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D.Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
66.Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya
siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil
post test disebut ....
A.Konstruktivisme
B.Authentic assesment
C.Efektif
D.kondusif
A.Konstruktivisme
B.Authentic assesment
C.Efektif
D.kondusif
67.Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara
relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut
dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh
seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan
status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A.Penilaian berkelanjutan
B.penilaian menyeluruh
C.penilaian acuan patokan
D.penilaian acuan norma
A.Penilaian berkelanjutan
B.penilaian menyeluruh
C.penilaian acuan patokan
D.penilaian acuan norma
68.Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang
disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan
penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan
minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang
ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik
Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik
peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a.Penilaian berkelanjutan
b.Penilaian autentik
c.Penilaian acuan patokan
d.Penilaian acuan norma
a.Penilaian berkelanjutan
b.Penilaian autentik
c.Penilaian acuan patokan
d.Penilaian acuan norma
69.Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A.tujuan penilaian
B.prinsip penilaian
C.fungsi penilaian
D.hasil penilaian
A.tujuan penilaian
B.prinsip penilaian
C.fungsi penilaian
D.hasil penilaian
70.Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai
seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran
remidial dan program pengayaan merupakan….
A.prinsip penilaian
B.tujuan penilaian
C.fungsi penilaian
D.bentuk penilaian.
A.prinsip penilaian
B.tujuan penilaian
C.fungsi penilaian
D.bentuk penilaian.
71.Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A.objektif
B.adil
C.kooperatif
D.terpadu.
A.objektif
B.adil
C.kooperatif
D.terpadu.
72.Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A.adil
B.objektif
C.valid
D.sistematis
A.adil
B.objektif
C.valid
D.sistematis
73.Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari
segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip
penilaian yang…
A.adil
B.akuntabel
C.valid
D.sistematis
A.adil
B.akuntabel
C.valid
D.sistematis
74.Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap
dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan
prinsip penilaian yang…
A.adil
B.objektif
C.valid
D.sistematis
A.adil
B.objektif
C.valid
D.sistematis
75.Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
A.ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B.menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C.ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
D.dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
A.ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B.menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C.ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
D.dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
76.Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan
peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan
gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi
perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk salah
prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A.Fleksibilitas
B.Interaktif
C.Adaptif
D.Kesinambungan
A.Fleksibilitas
B.Interaktif
C.Adaptif
D.Kesinambungan
77.Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran
tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30
siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program
remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti
program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan
oleh guru dengan cara...
A.Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B.Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C.Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D.Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
A.Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B.Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C.Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D.Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
78.Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai
berikut:
A.Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
A.Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
79.Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A.proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C.sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
A.proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C.sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
80.Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A.Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C.Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
A.Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C.Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
81.Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat,
Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah
pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan
tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A.merumuskan masalah
B.mengidentifikasi masalah
C.Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D.menyusun proposal penelitian
A.merumuskan masalah
B.mengidentifikasi masalah
C.Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D.menyusun proposal penelitian
82.Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang
disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d)
bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah
tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A.refleksi
B.observasi
C.perencanaan
D.pelaksanaan
A.refleksi
B.observasi
C.perencanaan
D.pelaksanaan
83.Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan
tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri
khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur
penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A.observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B.refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C.perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D.perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
A.observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B.refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C.perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D.perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84.Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A.Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
B.Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C.Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D.Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
A.Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
B.Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C.Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D.Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85.Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A.kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B.keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.keinginan untuk membantu guru
D.kepedulian peneliti akan kinerja guru
A.kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B.keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.keinginan untuk membantu guru
D.kepedulian peneliti akan kinerja guru
86.Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….
A.Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B.Kegiatan yang direkayasa
C.Perencanaan
D.Upaya empiris dan sistematis
A.Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B.Kegiatan yang direkayasa
C.Perencanaan
D.Upaya empiris dan sistematis
87.Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A.Pengumpulan data
B.Menganalisis masalah
C.Mencapai tujuan
D.Menentukan ruang lingkup
A.Pengumpulan data
B.Menganalisis masalah
C.Mencapai tujuan
D.Menentukan ruang lingkup
88.Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
A.Guru
B.Peneliti
C.Guru dan Peneliti
D.Objek Penelitian
A.Guru
B.Peneliti
C.Guru dan Peneliti
D.Objek Penelitian
89.Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A.Pelaksanaan tindakan
B.Observasi dan intepretasi
C.Diskusi balikan
D.Analisis data
A.Pelaksanaan tindakan
B.Observasi dan intepretasi
C.Diskusi balikan
D.Analisis data
90.Tujuan PTK adalah…
A.Perbaikan KBM
B.Menyusun teori baru
C.Memperbaiki teori
D.Menyusun generalisasi
A.Perbaikan KBM
B.Menyusun teori baru
C.Memperbaiki teori
D.Menyusun generalisasi
91.Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A.Analisis
B.Refleksi
C.Observasi
D.Diskusi
A.Analisis
B.Refleksi
C.Observasi
D.Diskusi
92.Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….
A.Kesimpulan
B.Prosedur penelitian
C.Pendahuluan
D.Metodologi penelitian
A.Kesimpulan
B.Prosedur penelitian
C.Pendahuluan
D.Metodologi penelitian
93.Persiapan awal dalam PTK adalah…
A.Menyiapkan cara wawancara
B.Membuat analisis kelayakan hipotesis
C.Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D.Menyiapkan fasilitas dan sarana
A.Menyiapkan cara wawancara
B.Membuat analisis kelayakan hipotesis
C.Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D.Menyiapkan fasilitas dan sarana
94.Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A.Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B.Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C.Uraian projek penelitian pendidikan
D.Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
A.Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B.Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C.Uraian projek penelitian pendidikan
D.Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
95.Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A.Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B.Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C.Persiapan tindakan
D.Observasi dan inperetasi.
A.Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B.Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C.Persiapan tindakan
D.Observasi dan inperetasi.
96.Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran
adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan
pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya
refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A.untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B.untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C.untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D.untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.
A.untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B.untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C.untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D.untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.
97.Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran
adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi
pendidik antara lain adalah ….
A.Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B.Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C.untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D.Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
A.Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B.Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C.untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D.Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98.Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari
pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat
mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan
refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya
adalah ....
A.Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B.Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D.Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
A.Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B.Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D.Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
99.Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan
oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan
kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya
adalah ….
A.Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B.Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D.Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
A.Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B.Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D.Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik,
baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu
dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam
bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi
peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang
dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau
pengamatan diantaranya adalah ...
A.Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B.Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C.Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D.mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
A.Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B.Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C.Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D.mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
Sekian lanjutan contoh soal PPG 2018 mulai soal nomor 51
s.d nomor 100 yang dapat kami bagikan dengan harapan lulus dalam tes PPG
kompetensi pedagogik. semoga bermanfaat dan silahkan di SHARE. Serta
terima kasih atas kunjungan anda......
Belum ada Komentar untuk "√ Lanjutan Contoh Soal Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2018 Kompetensi Pedagogik, Nomor Soal 51 s.d 100 ....."
Posting Komentar