√ Lanjutan Contoh Soal Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2018 dari nomor 26 - 50 Soal
Minggu, 04 Maret 2018
Tambah Komentar
Pada kesempatan ini kami share Contoh Soal
PPG 2018 bagian 2 bagi guru-guru yang mengahapi PPG tahun 2018
mendatang. Soal PPG bagian 2 ini lanjutan dari bagian 1. Soal nomor 26
s.d nomo 50 dengan Kunci Jawaban yang tercetak tebal.
Untuk menghadapi pelaksanaan PPG 2018 tersebut
sebagai persiapan diri bagi guru-guru, berikut kami sajikan contoh soal
PPG dilengkapi kunci jawaban yang dapat dipelajari atau download secara
gratis.
26.Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A.Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B.Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C.Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D.Motivasi belajar siswa
A.Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B.Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C.Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D.Motivasi belajar siswa
27.Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A.Pencapaian standar kompetensi
B.Pencapaian kompetensi dasar.
C.Pencapaian tujuan pembelajaran
D.Pencapaian standar kelulusan
A.Pencapaian standar kompetensi
B.Pencapaian kompetensi dasar.
C.Pencapaian tujuan pembelajaran
D.Pencapaian standar kelulusan
28.Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A.Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B.Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C.Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D.Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
A.Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B.Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C.Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D.Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29.Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A.Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B.Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C.Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D.Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
A.Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B.Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C.Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D.Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30.Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A.Sharing dengan teman
B.Guru kreatif
C.Pengalaman nyata
D.Menggunakan satu sumber
A.Sharing dengan teman
B.Guru kreatif
C.Pengalaman nyata
D.Menggunakan satu sumber
31.Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu
Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji
kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk
pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi
pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A.Sahih
B.Kebermanfaatan
C.Layak dipelajari
D.Menarik minat
A.Sahih
B.Kebermanfaatan
C.Layak dipelajari
D.Menarik minat
32.Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan
cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju
hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi
yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A.Kausal
B.Spiral
C.Kronologis
D.inquiri
A.Kausal
B.Spiral
C.Kronologis
D.inquiri
33.Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh
sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya,
apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau
massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...
A.tujuan
B.sasaran didik
C.ketersediaan
D.konteks penggunaan
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...
A.tujuan
B.sasaran didik
C.ketersediaan
D.konteks penggunaan
34.Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat
menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan
dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang
pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A.Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B.Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C.Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D.Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
A.Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B.Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C.Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D.Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35.Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus
dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat
dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A.media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas
B.media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
C.media tradisional dan media berbasis TIK
D.media dua dimensi dan media tiga dimensi
A.media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas
B.media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
C.media tradisional dan media berbasis TIK
D.media dua dimensi dan media tiga dimensi
36.Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah
berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya
dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan.
Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A.Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B.Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C.Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D.Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A.Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B.Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C.Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D.Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
37.Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran
dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan
berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
A.media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
B.sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C.media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
D.memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
A.media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
B.sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C.media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
D.memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
38.Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran
yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang
memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media
pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi
sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A.Menampilkan objek yang terlalu besar
B.Membuat konkrit konsep yang abstrak
C.Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
D.Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A.Menampilkan objek yang terlalu besar
B.Membuat konkrit konsep yang abstrak
C.Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
D.Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39.Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A.Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B.Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C.Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D.Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
A.Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B.Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C.Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D.Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
40.Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan
catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan
secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A.book
B.forum
C.blog
D.e-portofolio
A.book
B.forum
C.blog
D.e-portofolio
41.Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs
google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A.program mencari informasi
B.program desktop publishing
C.program untuk menjelajahi laman
D.program penciptaan laman
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A.program mencari informasi
B.program desktop publishing
C.program untuk menjelajahi laman
D.program penciptaan laman
42.Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul
dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin
pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A.www.yahoo.com
B.www.gmail.com
C.www.hotmail.com
D.www.cari-data.com
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A.www.yahoo.com
B.www.gmail.com
C.www.hotmail.com
D.www.cari-data.com
43.Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh
surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana
keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan
guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
44.Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik
perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini
difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang
dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....
A.Microsoft Database
B.Microsoft Spread Sheet
C.Microsoft powerpoint
D.Microsoft Desktop Publishing
A.Microsoft Database
B.Microsoft Spread Sheet
C.Microsoft powerpoint
D.Microsoft Desktop Publishing
45.pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan
berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi)
dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari
kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A.portofolio
B.saintifik
C.penemuan
D.autentik
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A.portofolio
B.saintifik
C.penemuan
D.autentik
46.Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan
masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan
pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan
pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik
berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam
kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A.projek based learning
B.discovery Learning
C.Problem Based Learning
D.Inquiry learning
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A.projek based learning
B.discovery Learning
C.Problem Based Learning
D.Inquiry learning
47.Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi
semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan
terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai
macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A.Project based learning
B.inquiry learning
C.Discovery learning
D.problem based learning
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A.Project based learning
B.inquiry learning
C.Discovery learning
D.problem based learning
48.Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1)Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)Mendesain Perencanaan Proyek,
3)Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5)Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A.1-2-3-4-5-6
B.1-3-2-4-5-6
C.1-3-2-5-6-4
D.1-2-3-5-4-6
1)Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)Mendesain Perencanaan Proyek,
3)Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5)Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A.1-2-3-4-5-6
B.1-3-2-4-5-6
C.1-3-2-5-6-4
D.1-2-3-5-4-6
49.Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1)Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)Orientasi siswa pada masalah
3)Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4)Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
A.1-2-3-4
B.2-3-1-4
C.3-2-1-4
D.2-3-1-4
1)Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)Orientasi siswa pada masalah
3)Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4)Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
A.1-2-3-4
B.2-3-1-4
C.3-2-1-4
D.2-3-1-4
50.Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan
menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata
setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM
diperlukan faktor-faktor….
A.Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B.Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C.Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D.Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
A.Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B.Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C.Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D.Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
Sekian contoh soal PPG 2018 bagian 1 berisi 25 nomor
soal yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat dan silahkan di SHARE.
Terima kasih atas kunjungan anda......
Belum ada Komentar untuk "√ Lanjutan Contoh Soal Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2018 dari nomor 26 - 50 Soal"
Posting Komentar