Buku Kurikulum 2013 Revisi Semester 2 Kelas 5 SD
Minggu, 15 April 2018
Tambah Komentar
Buku Kurikulum 2013 Revisi Semester 2 Kelas 5 SD, Buku tematik kurikulum
2013 pada semester dua jenjang Sekolah dasar meliputi tema 6,7,8 dan 9
yang disebutkan tema Panas dan Perpindahannya, Peristiwa dalam
Kehidupan, Lingkungan Sahabat Kita, Benda-Benda di sekitar
kita, Benda-Benda di sekitar kita, buku tematik terbaru yang direvisi
edisi 2017 ini kami bagikan dengan ketentuan penggunaan buku sebagai
berikut ini.
Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses
pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang
diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna
serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada
nilai-nilai luhur. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan
menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku
ini.
Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar
siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang
relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.
Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu. Buku ini
bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa
mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang
saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan
penyempurnaan pada edisi berikutnya.
1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang
suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator
dari berbagai mata pelajaran.
2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
4. Berbagai teknik penilaian peserta didik.
5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah.
7. Petunjuk penggunaan buku peserta didik. Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut. a. Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya. b. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan). c. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari. d. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep. e. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi. f. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari. g. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.
2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
4. Berbagai teknik penilaian peserta didik.
5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah.
7. Petunjuk penggunaan buku peserta didik. Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut. a. Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya. b. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan). c. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari. d. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep. e. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi. f. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari. g. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.
Download Buku Kurikulum 2013 Revisi Semester 2 Kelas 5 SD
- Buku Siswa (BS) Panas dan Perpindahannya Tema 6
- Buku Guru (BG) Panas dan Perpindahannya Tema 6
- Buku Guru (BG) Peristiwa dalam Kehidupan Tema 7
- Buku Siswa (BS) Peristiwa dalam Kehidupan Tema 7
- Buku Guru (BG) Lingkungan Sahabat Kita Tema 8
- Buku Siswa (BS) Lingkungan Sahabat Kita Tema 8
- Buku Guru (BG) Benda-Benda di sekitar kita Tema 9
- Buku Siswa (BS) Benda-Benda di sekitar kita Tema 9
Belum ada Komentar untuk "Buku Kurikulum 2013 Revisi Semester 2 Kelas 5 SD"
Posting Komentar