√ Modul PKB Guru TK Edisi Revisi Tahun 2017
Minggu, 01 April 2018
Tambah Komentar
Modul PKB Guru TK Edisi Revisi Tahun 2017.
Kali ini, kami akan membagikan link unduh Modul PKB (Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan) Guru Bidang Taman Kanak-Kanak (TK) Edisi
Revisi Tahun 2017. Bagi para guru TK yang masih bingung dalam memperoleh
modul PKB Bidang TK edisi Revisi Tahun 2017, Anda bisa mendownload pada
link download di paling bawah artikel ini. Tujuan kami membagikan file
ini adalah untuk membantu menyebarluaskan informasi kepada para guru.
Sehingga para guru mendapatkan kemudahan dalam mempelajari modul ini
sehingga mereka dapat mengajar anak didiknya dengan penuh semangat dan
prestasi yang tinggi. Modul ii disusun agar dapat menjadi rujukan utama
dalam pelaksanaan Program PKB Bidang TK. Namun, untuk pengayaan materi,
para guru disarankan untuk menggunakan referensi lain yang relevan.
Download Modul PKB Bidang TK Edisi Revisi Tahun 2017.
odul ini terdiri atas materi pokok, yaitu konsep dasar
pertumbuhan dan perkembangan, tugas perkembangan anak TK, Deteksi
dini tumbuh kembang anak TK, permasalahan dan gangguan anak TK
dalam bidang pengembangan serta intervensinya. Pembahasan secara
lebih spesifik akan disajikan pada setiap materi pokok dalam modul
ini. Untuk masing-masing materi pokok, akan disajikan latihan,
rangkuman, serta evaluasi dan tindak lanjutnya.
Modul ini terintegrasi dengan lima nilai utama penguatan pendidikan
karakter yaitu religius,nasionalis, mandiri, gotong royong dan
integritas. Nilai religius tercermin dalam perilaku melaksanakan
ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama,
menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan
kepercayaan lain, hidup rukun dan damai dengan pemeluk agama lain,
perilaku mencintai dan menjaga keutuhan ciptaanNya. Sub nilai
karakter religius : cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan
agama, teguh pendirian, percaya diri, kerja sama lintas agama,
antibuli dan kekerasan,persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan
kehendak, dan melindungi yang kecil dan tersisih.
Nilai Karakter Gotong Royong mencerminkan tindakan menghargai semangat kerjasama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama, memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, bersahabat dengan orang laindan memberi bantuan pada mereka yang miskin, tersingkir dan membutuhkan pertolongan. Subnilai gotong royong antara lain menghargai, kerjasama, inklusif, komitmen atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolongmenolong, solidaritas, empati, anti diskriminasi, anti kekerasan, sikap kerelawanan.
Nilai Karakter Integritas merupakan nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral (integritas moral). Karakter integritas meliputi sikap tanggungjawab sebagai warga negara, aktif terlibat dalam kehidupan sosial, melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang berdasarkan kebenaran. Subnilai integritas antara lain kejujuran,cinta pada kebenaran, setia, komitmen moral, anti korupsi, keadilan, tanggungjawab, keteladanan, menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas).
Kelima nilai utama di atas pada modul ini terintegrasi pada kegiatankegiatan pembelajaran. Diharapkan setelah mempelajari modul ini, kompetensi guru dalam melaksanakan tugas meningkat. Selain itu guru juga mampu mengimplementasikan lima nilai utama tersebut bagi dirinya sendiri maupun memberi penguatan pendidikan karakter bagi seluruh stakeholder di sekolah.
Nilai
Karakter Nasionalis merupakan cara berpikir, bersikap, dan
berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan
yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,
ekonomi, dan politik bangsa, menempatkan kepentingan bangsa dan negara
di atas kepentingan diri dan kelompoknya. Sub nilai karakter
nasionalis: apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya
bangsa, rela berkorban, unggul dan berprestasi, cinta tanah air,
menjaga lingkungan, taat hukum, disiplin dan menghormati
keragaman budaya, suku dan agama.
Nilai Karakter Mandiri merupakan sikap dan perilaku tidak bergantung
pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu
untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita. Subnilai
kemandirian antara lain etos kerja (kerja keras), tangguh tahan
banting, daya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi
pembelajar sepanjang hayat.Nilai Karakter Gotong Royong mencerminkan tindakan menghargai semangat kerjasama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama, memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, bersahabat dengan orang laindan memberi bantuan pada mereka yang miskin, tersingkir dan membutuhkan pertolongan. Subnilai gotong royong antara lain menghargai, kerjasama, inklusif, komitmen atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolongmenolong, solidaritas, empati, anti diskriminasi, anti kekerasan, sikap kerelawanan.
Nilai Karakter Integritas merupakan nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral (integritas moral). Karakter integritas meliputi sikap tanggungjawab sebagai warga negara, aktif terlibat dalam kehidupan sosial, melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang berdasarkan kebenaran. Subnilai integritas antara lain kejujuran,cinta pada kebenaran, setia, komitmen moral, anti korupsi, keadilan, tanggungjawab, keteladanan, menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas).
Kelima nilai utama di atas pada modul ini terintegrasi pada kegiatankegiatan pembelajaran. Diharapkan setelah mempelajari modul ini, kompetensi guru dalam melaksanakan tugas meningkat. Selain itu guru juga mampu mengimplementasikan lima nilai utama tersebut bagi dirinya sendiri maupun memberi penguatan pendidikan karakter bagi seluruh stakeholder di sekolah.
Tujuan
Secara umum tujuan yang diharapkan dicapai pada diklat kelompok
kompetensi A ini adalah peserta mampu mengorganisasikan aspek
perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini serta
melakukan deteksi dan intervensi terhadap gangguan dan permasalahan anak
usia dini dalam berbagai bidang pengembangan. Secara lebih
spesifik tujuan yang diharapkan dapat dicapai pada mata diklat ini
adalah:
1. Memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini
2. Memahami karakteristik perkembangan anak usia dini
3. Memahami tugas perkembangan anak usia dini
4. Melakukan deteksi dini kemampuan anak usia dini
5. Melakukan deteksi terhadap permasalahan anak usia dini
6. Melakukan intervensi terhadap permasalahan anak usia dini
2. Memahami karakteristik perkembangan anak usia dini
3. Memahami tugas perkembangan anak usia dini
4. Melakukan deteksi dini kemampuan anak usia dini
5. Melakukan deteksi terhadap permasalahan anak usia dini
6. Melakukan intervensi terhadap permasalahan anak usia dini
Itulah tadi, sedikit cuplikan isi dari Modul PKB Guru Bidang TK Edisi
Revisi Tahun 2017, Berikut ini merupakan Link download Modul PKB Guru
Bidang TK Edisi Tahun 2017:
- Modul A PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
- Modul B PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
- Modul C PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
- Modul D PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
- Modul E PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
- Modul F PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
- Modul F (2) PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
- Modul G PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
- Modul H PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
- Modul I PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
- Modul J PKB Guru TK Edisi Revisi 2017
Belum ada Komentar untuk "√ Modul PKB Guru TK Edisi Revisi Tahun 2017"
Posting Komentar