√ RPP PKWU SMA Kelas X, XI XII Semester 1 & 2 K13 Revisi Terbaru

RPP PKWU SMA Kelas XI Semester 1 K13. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang dibasa disebut dengan RPP adalah sebuah dokumen yang sangat penting bagi seorang guru sebelum mereka memulai kegiatan pembelajaran di sekolah. RPP ini dibuat oleh masing-masing guru yang mengajar pada satuan tingkat pendidikan dan Mata pelajaran Tertentu. Namun, berikut ini kami akan memberikan contoh RPP Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) SMA kelas XI semester 1. 


RPP Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI Semester Ganjil. RPP Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ini sudah menggunakan Kurikulum 2013 atau yang dikenal dengan Kurikulum K13. Jika Anda adalah seorang Guru Bidang Studi PKWU, contoh RPP PKWU Kelas XI SMA ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam pembuatan RPP PKWU di sekolah masing-masing. Setelah RPP PKWU selesai di buat, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan di bagian Kurikulum untuk ditandatangani oleh Kepala Sekolah. 

Berikut ini merupakan contoh RPP PKWU Kelas XI Semester 1 (Ganjil) menggunakan Kurikulum 2013 (K13).

==>  RPP PKWU KELAS XI SEMESTER 1 KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

BAB             : Pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
Kelas / Semester  : XI / 1
Materi Pokok     : Pengolahan dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani  sebagai Makanan Khas  Daerah
Alokasi Waktu      : 6 x 45 menit
Jumlah Pertemuan : 3

A.  KOMPETENSI INTI: 
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. 3Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1  Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan.
2.1  Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya.
2.2  Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha.
2.3  Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha.
3.1  Memahami desain produk dan pengemasan pengolahan dari bahan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
3.1.1 Menghayati, menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan atas keanekaragaman jenis bahan pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
3.1.2 Memiliki sikap tanggung jawab terhadap keanekaragaman jenis bahan pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
3.1.3  Menjelaskan pengertian berbagai jenis bahan pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
4.1  Mendesain produk dan pengemasan pengolahan dari bahan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
4.1.1 Mengklasifikasikan berbagai jenis bahan pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
4.1.2  Mempresentasikan berbagai jenis, bahan dan alat bahan pangan nabati dan hewani menjadi produk makanan khas daerah berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya

C.  MATERI PEMBELAJARAN
Fakta:
  • Di lingkungan sekitar kita terdapat beragam kekayaan flora dan fauna
  • Produksi karya pengolahan bahan pangan nabati dan hewani menjadi produk makanan khas daerah berkembang pesat saat ini
  • Masyarakat di sekitar kita banyak menggunakan produk pengolahan bahan pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah.
  • Kita perlu mensyukuri nikmat Tuhan yang sudah memberikan begitu banyak sumber makanan disekitar kita.

Prinsip: 
  • Membuat pengolahan bahan pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah dengan menggunakan alam sekitar sebagai sumber ide
  • Penggunaan jejaring social sebagai sumber belajar untuk menemukan berbagai jenis, bahan dan alat dalam pengolahan bahan pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah 
  • Penggunaan kepustakaan untuk menggali ide baru tentang bahan pengolahan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah

Procedural: 
  • Penggalian ide dari jenis aneka produk olahan yang sudah ada di lingkungan sekitar
  • Eksplorasi ide (pencarian ide baru) dari lingkungan sekitar (nabati dan hewani)
  • Menggunakan jejaring social sebagai sumber ide
  • Memadukan hasil ide dari lingkungan sekitar dan  jejaring social untuk dijadikan ide kreatif dalam memahami jenis aneka produk olahan dari nabati dan hewani


D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama ( 2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan
  1. Pendidik memberi Salam dan menanyakan kabar kepada peserta didik dengan kalimat : “Bagaimana kabar kalian hari ini, sehat semua?
  2. Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik melalui power point.
  3. Pendidik menyampaikan cakupan materi yang akan dibahas dan peserta didik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai kompetensi.
  4. Pendidik menunjukkan kepada peserta didik contoh gambar dan beberapa hasil produk olahan bahan nabati dan hewani
b. Kegiatan Inti
Mengamati:
1.Peserta didik mengamati beberapa :
2.Jenis makanan olahan bahan nabati dan hewani dengan serius
3.Bahan yang digunakan dalam olahan nabati dan hewani dengan cermat dan teliti
Menanya:
1.Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang bahan nabati dan hewani produk makanan khas daerah
2.Peserta didik mendiskusikan dengan teman sejawat tentang bahan nabati dan hewani untuk produk makanan khas daerah
3.Pendidik bertanya tentang bahan nabati dan hewani untuk produk makanan khas daerah
4.Pendidik bertanya tentang bahan nabati dan hewani untuk produk makanan khas daerah dari sumber jejaring social, perpustakaan, dan sumber lain.
Mengumpulkan informasi:
1.Peserta didik mengakses jejaring social tentang bahan nabati dan hewani produk makanan khas daerah
2.Peserta didik ke perpustakaan untuk mencari data tentang bahan nabati dan hewani produk makanan khas daerah
3.Peserta didik ke lingkungan sekolah untuk melihat bahan nabati dan hewani produk makanan khas daerah  sebagai sumber ide
Mengasosiasikan :
Peserta didik mengaitkan data dari jejaring social, perpustakaan dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide untuk ditarik menjadi satu kesimpulan
Mengomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil kesimpulan dari perpaduan data dari jejaring social, perpustakaan, dan lingkungan sekitar dengan sopan dan tenang serta menghargai siswa yang lain yang mengajukan pendapat yang berbeda

c. Kegiatan Penutup
1.Pendidik dan peserta didik membuat kesimpulan atau reflksi dari informasi yang  sudah dikomunikasikan di depan kelas.
2.Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
3.Peserta didik  menerima tugas mencari contoh aneka makanan olahan nabati dan hewani
4.Guru memberikan pesan moral terkait dengan makanan khas daerah

2. Pertemuan Kedua (2 Jam Pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan
1.Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar dilanjutkan dengan apersepsi.
2.Guru menyampaikan topik tentang materi pelajaran yang akan diajarkan
3.Guru mempersiapkan pembahasan materi melalui metode diskusi. Kelompok yang telah ditentukan topiknya pada pertemuan pertama (kelompok 1 agar mempersiapkan kelompoknya).

b. Kegiatan Inti
Mengamati:
1.Peserta didik menyimak pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian bahan nabati dan hewani
2.Peserta didik menyimak berbagai kandungan dan manfaat bahan nabati dan hewani
3.Pendidik menilai keterampilan siswa mengamati
Menanya:
1.Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai contoh gambar dengan menjelaskan alat yang diperlukan dan teknik yang digunakan
2.Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai berbagai kandungan dan manfaat bahan nabati dan hewani
3.Pendidik bertanya tentang gambar yang ditampilkan
4.Pendidik bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber tentang pengertian bahan nabati dan hewani 
5.Pendidik bertanya tentang kandungan dan manfaat bahan nabati dan hewani
Mencoba:
1.Peserta didik membaca buku teks yang berkaitan dengan tekstil
2.Peserta didik membaca buku teks tentang berbagai kerajinan tekstil
3.Peserta didik membaca buku teks tentang berbagai fungsi kerajian tekstil
Mengasosiasi:
1.Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang 
2.Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli mengenai pengertian bahan nabati dan hewani
3.Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai jenis olahan bahan nabati dan hewani (setiap kelompok berbeda pembahasan)
4.Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai kandungan dan manfaat bahannabati dan hewani
Mengomunikasikan:
Pendidik menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing /menilai keterampilan, menganalisis, meng-gunakan teori dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa memahami pengertian bahan nabati dan pangan serta kandungan dan manfaatnya

c. Kegiatan Penutup
1.Pendidik dan peserta didik membuat kesimpulan atau reflksi dari informasi yang  sudah dikomunikasikan di depan kelas.
2.Peserta didik menyampaikan usulan untuk 
3.perbaikan pembelajaran berikutnya
4.Peserta didik  menerima tugas mencari contoh aneka makanan olahan nabati dan hewani
5.Guru memberikan pesan moral terkait dengan makanan khas daerah

Itulah tadi beberapa contoh isi dari RPP PKWU Kelas XI Semester 1 (Ganjil) yang menggunakan kurikulum 2013. Contoh tersebut di atas bukanlah merupakan isi dari keseluruhan dari RPP yang dibutuhkan. Namun, untuk RPP PKWU Kelas XI Semester 1 (Ganjil) yang lengkap bisa diunduh melalui link berikut ini: 


Belum ada Komentar untuk "√ RPP PKWU SMA Kelas X, XI XII Semester 1 & 2 K13 Revisi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel