√ RPP PPKN K13 Kelas XII semester 2 Terbaru
Rabu, 04 April 2018
Tambah Komentar
Download RPP PPKN K13 Kelas XII semester 2 Terbaru. Setelah pada kesempatan yang lalu admin telah membagikan RPP PPKN Kelas XII semester 1
yang menggunakan kurikulum 2013 / K13, pada kesempatan kali ini
akhirnya admin telah menyelesaikan artikel untuk RPP PPKN Kelas XII
semester 2. Struktur dari RPP ini masih saja sama dengan RPP sebelumnya,
hanya saja materi/bab pembelajarannya saja yang berubah. Untuk lebih
jelasnya Anda bisa download pada link paling bawah artikel ini.
RPP PPKN Kelas XII semester 2 Terbaru. Pada RPP PPKN
Kelas XII semester 2 dibagi menjadi 3 buah RPP, karena pada semester 2
ini terdapat 3 buah Materi / Bab yang harus dipelajari oleh peserta
didik kelas XII. Diantaranya adalah Peran Indonesia dalam hubungan
Internasional, Strategi Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap
negara dan Dinamika penyelenggaraan Negara dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI) dan negara Federal.
Berikut ini adalah cuplikan isi dari file RPP PPKN kelas XII semester 2 yang dapat Anda donwload pada artikel ini;
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKN KELAS XII SEMESTER 2
Satuan Pendidikan : ……………………….
Kelas / Semester : XII / 2
Materi Pokok : Bab 5 Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. KOMPETENSI INTI:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengikuti pembelajaran pada materi ini diharapkan peserta didik dapat:
1. Memahami peran Indonesia dalam hubungan Internasional
2. Menjelaskan makna hubungan Internasional
3. Mengidentifikasi tahap-tahap perjanjian Internasional
Dengan mengikuti pembelajaran pada materi ini diharapkan peserta didik dapat:
1. Memahami peran Indonesia dalam hubungan Internasional
2. Menjelaskan makna hubungan Internasional
3. Mengidentifikasi tahap-tahap perjanjian Internasional
C. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.4 Menghargai karakter berahklak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan
1.4.1 Berserah diri kepada Tuhan setelah berikhtiar atau melakukan usaha
1.4.2 Menjaga lingkungan hidup sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
1.4.3 Memelihara hubungan baik dengan sesama umat beragama yang berbeda-beda
2.1 Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.1.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam proses pembelajaran
2.1.2 Menunjukkan perilaku tanggungjawab dalam proses pembelajaran
3.5 Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan Internasional
1.1.1 Menjelaskan makna hubungan internasional bagi Indonesia
1.1.2 Menganalisis makna hubungan internasional
1.1.3 Mengidentifikasi manfaat yang diperoleh bangsa indonesia dalam menjalin hubungan internasional
1.1.4 Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama yang dikembangkan Indonesia berdasarkan politik luar negeri bebas aktif
1.1.5 Menjelaskan makna perjanjian internasional
1.1.6 Menjelaskan asas-asas perjanjian internasional
1.1.7 Mengidentifikasi tahap-tahap perjanjian internasional
1.1.8 Mengidentifikasi perwakilan diplomatik yang berada di Indonesia
4.5 Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam hubungan Internasional
4.5.1 Menyusun hasil evaluasi dari berbagai medi massa
4.5.2 Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media masa tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional
1.4 Menghargai karakter berahklak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan
1.4.1 Berserah diri kepada Tuhan setelah berikhtiar atau melakukan usaha
1.4.2 Menjaga lingkungan hidup sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
1.4.3 Memelihara hubungan baik dengan sesama umat beragama yang berbeda-beda
2.1 Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.1.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam proses pembelajaran
2.1.2 Menunjukkan perilaku tanggungjawab dalam proses pembelajaran
3.5 Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan Internasional
1.1.1 Menjelaskan makna hubungan internasional bagi Indonesia
1.1.2 Menganalisis makna hubungan internasional
1.1.3 Mengidentifikasi manfaat yang diperoleh bangsa indonesia dalam menjalin hubungan internasional
1.1.4 Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama yang dikembangkan Indonesia berdasarkan politik luar negeri bebas aktif
1.1.5 Menjelaskan makna perjanjian internasional
1.1.6 Menjelaskan asas-asas perjanjian internasional
1.1.7 Mengidentifikasi tahap-tahap perjanjian internasional
1.1.8 Mengidentifikasi perwakilan diplomatik yang berada di Indonesia
4.5 Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam hubungan Internasional
4.5.1 Menyusun hasil evaluasi dari berbagai medi massa
4.5.2 Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media masa tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pola hubungan internasional yang dibangun indonesia
a. Makna hubungan internasional
b. Pentingnya hubungan internasional bagi indonesia
c. Politik luar negeri indonesia dalam menjalin hubungan internasional
2. Perjanjian internasional yang dilakukan indonesia
a. Makna perjanjian internasional
b. Klasifikasi perjanjian internasional yang dilakukan indonesia
1. Pola hubungan internasional yang dibangun indonesia
a. Makna hubungan internasional
b. Pentingnya hubungan internasional bagi indonesia
c. Politik luar negeri indonesia dalam menjalin hubungan internasional
2. Perjanjian internasional yang dilakukan indonesia
a. Makna perjanjian internasional
b. Klasifikasi perjanjian internasional yang dilakukan indonesia
3. Kedudukan perwakilan diplomatik indonesia
a. Pengertian perwakilan diplomatik
b. Tugas dan fungsi perwakilan diplomatik republik indonesia
c. Perangkat perwakilan diplomatik republik Indonesia
a. Pengertian perwakilan diplomatik
b. Tugas dan fungsi perwakilan diplomatik republik indonesia
c. Perangkat perwakilan diplomatik republik Indonesia
E. METODE PEMBELAJARAN
Proses pembelajaran menggunakan pendekatan Saintifik, Metode Diskusi, model pembelajaran bekerja dalam kelompok. Pelaksanaan pembelajaran secara umum dibagi menjadi tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup
Proses pembelajaran menggunakan pendekatan Saintifik, Metode Diskusi, model pembelajaran bekerja dalam kelompok. Pelaksanaan pembelajaran secara umum dibagi menjadi tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup
F. MEDIA PEMBELAJARAN
1) LCD Proyektor,
2) Dokumentasi pelanggaran Hubungan Internasional
3) Video tentang hubungan internasional yang telah dijalani oleh negara indonesia
1) LCD Proyektor,
2) Dokumentasi pelanggaran Hubungan Internasional
3) Video tentang hubungan internasional yang telah dijalani oleh negara indonesia
G. SUMBER BELAJAR
1) Buku Peserta Didik dan Buku Guru PPKn
2) Buku referensi lain yang relevan.
3) Internet.
1) Buku Peserta Didik dan Buku Guru PPKn
2) Buku referensi lain yang relevan.
3) Internet.
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama
Pendahuluan:
Pendahuluan 1) Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan membaca ayat suci alqur’an, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
2) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidiupan sehari-hari.
3) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
4) Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. 10 menit
1. Pertemuan Pertama
Pendahuluan:
Pendahuluan 1) Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan membaca ayat suci alqur’an, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
2) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidiupan sehari-hari.
3) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
4) Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. 10 menit
Inti:
Inti Fase 1
Mengamati
Inti Fase 1
Mengamati
Fase 2
Menanya
Menanya
Fase 3 Mengumpulkan Informasi
Fase 4
Menalar
Menalar
Fase 5
Mengkomunikasikan - Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5-6 orang.
- Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 5.1 atau jika memungkinkan mengamati tayangan video yang berkaitan dengan hubungan internasional dan guru menambahkan penjelasannya.
- Guru memberikan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan-peranyaan yang dapat menghadapkan peserta didik pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi
Mengkomunikasikan - Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5-6 orang.
- Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 5.1 atau jika memungkinkan mengamati tayangan video yang berkaitan dengan hubungan internasional dan guru menambahkan penjelasannya.
- Guru memberikan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan-peranyaan yang dapat menghadapkan peserta didik pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi
a) Guru member kesempatan peserta didik mengidentifikasi sebanyak
mungkin masalah yang relevan dengan hubungan Internasional , kemudian
salah satunya dipilih dan dirumuskan pertanyaan dan diikuti dengan
merumuskan dipotesis (jawaban atas pertanyaan tersebut)
b) Peserta didik secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia. Guru membimbing dan terus mendorong peserta didik untuk terus menggali rasa ingin tahu yang mendalam tentang hubungan Internasional dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut:
No Pertanyaan
1.
2 .
3.
dst
b) Peserta didik secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia. Guru membimbing dan terus mendorong peserta didik untuk terus menggali rasa ingin tahu yang mendalam tentang hubungan Internasional dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut:
No Pertanyaan
1.
2 .
3.
dst
c) Guru memberikan motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang
menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran
d) Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan
d) Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan
a) Peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan yang disusun dengan membaca uraian materi di buku PPKn kelas
XII. Peserta didik juga diminta untuk mencari informasi dari berbagai
sumber lain yang relevan seperti internet, web, media sosial lainnya.
b) Peserta didik juga diminta untuk mengidentifikasi makna hubungan internasional (tugas mandiri 5.1) dan manfaat yang diambil bangsa indonesia dalam menjalin hubungan internasional (tugas mandiri 5.2)
b) Peserta didik juga diminta untuk mengidentifikasi makna hubungan internasional (tugas mandiri 5.1) dan manfaat yang diambil bangsa indonesia dalam menjalin hubungan internasional (tugas mandiri 5.2)
a. Peserta didik menghubungkan informasi yang diperoleh sebagai
dasar untuk menarik kesimpulan tentang pentingnya hubungan internasional
bagi bangsa indonesia
b. Peserta didik dibimbing untuk menyusun laporan hasil identifikasi yang berkaitan dengan pola hubungan internasional yang dibangun Indonesia.
b. Peserta didik dibimbing untuk menyusun laporan hasil identifikasi yang berkaitan dengan pola hubungan internasional yang dibangun Indonesia.
Setiap kelompok dengan bimbingan guru diminta untuk menyajikan hasil
identifikasi yang berkaitan dengan pola hubungan internasional yang
dibangun indonesia di depan kelas dan kelompok lain memberikan
komentar 65 menit
Penutup:
Penutup 1) Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut
2) Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertamuan pertama
3) Guru memberikan Tugas Mandiir 5.3
4) Guru dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertamuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar. 15 menit
Penutup 1) Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut
2) Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertamuan pertama
3) Guru memberikan Tugas Mandiir 5.3
4) Guru dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertamuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar. 15 menit
I. PENILAIAN
............. selengkapnya ada di file download.
............. selengkapnya ada di file download.
Itulah tadi beberapa cuplikan dari isi file RPP PPKN Kelas XII Semester 2.
Untuk mengetahui lebih detailnya silahkan saja donwload file asline
dibawah ini. Jika ada beberapa hal yang kurang sesuai dengan model
pengajaran Anda, silahkan saja dirubah atau ditambahkan sendiri sesuai
dengan kebutuhan.
Link Download:
Belum ada Komentar untuk "√ RPP PPKN K13 Kelas XII semester 2 Terbaru"
Posting Komentar