Silabus Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Sabtu, 14 April 2018
Tambah Komentar
Silabus Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017, Silabus k13
revisi kelas 4 Sekolah dasar pada kurikulum 2013 yang terbaru semester
dua atau genap, silabus k13 revisi ini sangat penting guna, pelaksanaan
pembelajaran dalam haluan kegiatan belajar dan mengajar. Jika rencana
pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaan maka silabus adalah haluan
dari kegiatan belajar mengajar itu sendiri.
Struktur Silabus k13 revisi
- Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
- Materi Pembelajaran
- Kegiatan Pembelajaran
Contoh Silabus Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menerima berbagai bentuk persatuan dan kesatuan suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial,
dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4 Bekerja sama dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya dalam masyarakat
Bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
Subtema 1: Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan (25 jam pelajaran)
•Menyimak cerita/gambar/tayangan tentang keragaman hewan dan tumbuhan di Indonesia dengan penuh rasa syukur.
•Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga keragaman hewan dan tumbuhan yang ada.
•Mencari informasi tentang interaksi suku bangsa di Indonesia dengan alam (kearifan lokal).
•Membaca teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan.
•Tanya jawab mengenai isi dan makna puisi yang telah dibaca.
•Membacakan teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
•Pembagian Euclides dengan menggunakan hirarki pengelompokan hewan dan
tumbuhan di sekitarnya. (misalnya hewan yang hidup di darat,
diklasifikasikan menjadi berkaki dua atau empat, dan seterusnya sampai
nama dari hewan tersebut)
•Mengamati dan mengidentifikasi bagian hewan dan tumbuhan di sekitar.
•Membuat catatan hasil pengamatan bagian hewan dan tumbuhan di sekitar dan membuat pertanyaan untuk diskusi
•Membaca teks tentang keragaman kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh
masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya
(pertanian, perikanan, dan peternakan).
•Mendiskusikan keragaman kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh
masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya.
•Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati,
menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari kreasi yang
terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah
lain.
•Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah yang terinspirasi
keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain.
•Mengamati prosedur variasi
Subtema 2: Keindahan Alam Negeriku (25 jam pelajaran)
•Menyimak cerita/ gambar/tayangan tentang berbagai bentuk keberagaman
tempat tinggal suku bangsa di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
•Membaca cerita dan tanya jawab terkait berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan dengan rasa ingin tahu.
•Mendengarkan puisi yang menggambarkan keindahan alam Indonesia dan bertanya jawab.
•Membacakan kembali puisi yang didengar dengan lafal dan intonasi yang tepat.
•Mengidentifikasi kelipatan dari bilangan yang ditentukan sekurangnya
dua bilangan menggunakan contoh tinggi tumbuhan atau hewan di
lingkungannya.
•Membaca teks mengenai fungsi bagian-bagian hewan dan tumbuhan.
•Mendiskusikan tentang perbedaan bentuk bagian tertentu dari hewan dan
tumbuhan berbeda dengan fungsi yang sama. (misalnya mengapa akar pohon
mangga dan pohon kelapa berbeda bentuknya sedangkan fungsinya sama).
•Mengamati gambar/foto/tayangan dan mendiskusikan tentang keragaman
sosial budaya (tari, kuliner, rumah adat, pakaian tradisional, dan
lainnya)
•Mengumpulkan data tentang keragaman sosial budaya peserta didik di sekolah.
•Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati,
menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari kreasi di daerah
setempat dan daerah lain.
•Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia keindahan alam dari Tuhan YME.
•Mengamati prosedur variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak
berirama.
Subtema 3. Indahnya Peninggalan Sejarah (25 jam pelajaran)
•Mengamati gambar/tayangan tentang peninggalan sejarah di Indonesia.
•Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga peninggalan sejarah.
•Mencari informasi kebermanfaatan peninggalan sejarah Indonesia sebagai salah satu sarana pemersatu bangsa.
•Membaca puisi yang tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya
•Mendiskusikan isi dan amanat dalam puisi yang dibaca.
•Mencari puisi tentang kemegahan peninggalan sejarah dari sumber lain dan membacakannya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
•Mencari informasi mengenai bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
•Menyajikan informasi tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dalam suatu laporan.
•Membaca teks tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya.
•Mendiskusikan pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat.
•Menyajikan secara lisan maupun
Belum ada Komentar untuk "Silabus Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar