√ Silabus Matematika SMA X, XI, XII K13 Revisi Terbaru
Rabu, 04 April 2018
Tambah Komentar
Silabus Matematika SMA X, XI, XII K13 Revisi Terbaru 2017/2018. Selamat malam, salam sejahtera bagi para guru di seluruh Indonesia. Setelah pada artikel sebelum-sebelumnya admin telah membagikan beberapa RPP dan Silabus,
kali ini admin akan membagikan Silabus mata Pelajaran Matematika untuk
jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk Kelas X, XI dan XII. Silabus
ini diperoleh dari kegiatan workshop revisi terbaru 2017/2018 kurikulum
2013 terbaru. Silabus ini dapat dijadikan sebagai panduan dalam
pembuatan RPP.
Semoga Silabus ini dapat membantu para Guru-Guru yang sedang membuat
rencana pembelajarannya. Silahkan Download Silabus Matemarika untuk SMA
kelas X, XI dan XII ini pada link paling bawah halaman ini.
Download Silabus Matematika SMA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017/2018. Kegiatan pembelajaran pada silabus ini
dapat diperkaya sesuai dengan sumber daya yang ada di daerah/sekolah
dan peserta didik. Didalam proses belajar mengajar, peserta didik
haruslah mempunyai peran terpenting. Selain dituntut dapat menguasai
pelajaran dengan baik, peserta didik juga harus menikmati proses
pembelajaran. Upaya untuk menciptakan pembelajaran yang optimal,
tentulah harus dimulai dari guru, oleh karena itu perlu dituntut
kreativitas seorang guru dan menuntut guru untuk
terus belajar dan belajar. Dalam pelajaran matematika alangkah baiknya
peserta didik diajak untuk mengobservasi lingkungan sekitar yang
berhubungan dengan pelajaran yang akan dibahas. Hal ini selain untuk
melatih cara berpikir peserta didik, juga berfungsi untuk membuat
peserta didik lebih berminat terhadap pelajaran yang diikuti. Peserta
didik juga akan tidak bosan mengikuti pelajaran karena akan melibatkan
aktivitas fisik, bukan hanya mendengarkan dan memperhatikan apa yang
diterangkan oleh guru
Berikut ini adalah sebagian cuplikan isi dari file silabus Matematika SMA kelas X, XI dan XII Kurikulum 2013.
I. PENDAHULUAN
A.Rasional
Tema pengembangan Kurikulum 2013 adalah
kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif,
kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan
pengetahuan yang terintegrasi dalam rangka mewujudkan insan Indonesia
yang produktif, kreatif, dan inovatif. Oleh karena itu proses
pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Secara umum, pembelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kecakapan atau kemahiran matematika. Kecakapan atau kemahiran matematika merupakan bagian dari kecakapan hidup yang harus dimiliki peserta didik terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan peserta didik sehari-hari. Matematika selalu digunakan dalam segala segi kehidupan.
Semua bidang studi memerlukan keterampilan matematika yang sesuai, merupakan sarana komunikasi yang logis, singkat dan jelas, dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam berbagai cara, meningkatkan kemampuan berpikir logis, ketelitian dan kesadaran keruangan, memberikan kepuasan terhadap usaha memecahkan masalah yang menantang, mengembangkan kreativitas, dan sarana untuk meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Secara umum, pembelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kecakapan atau kemahiran matematika. Kecakapan atau kemahiran matematika merupakan bagian dari kecakapan hidup yang harus dimiliki peserta didik terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan peserta didik sehari-hari. Matematika selalu digunakan dalam segala segi kehidupan.
Semua bidang studi memerlukan keterampilan matematika yang sesuai, merupakan sarana komunikasi yang logis, singkat dan jelas, dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam berbagai cara, meningkatkan kemampuan berpikir logis, ketelitian dan kesadaran keruangan, memberikan kepuasan terhadap usaha memecahkan masalah yang menantang, mengembangkan kreativitas, dan sarana untuk meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pembelajaran matematika di SMA/MA/SMK/MAK diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber, mampu merumuskan masalah bukan hanya menyelesaikan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, pembelajaran diarahkan untuk melatih peserta didik berpikir logis dan kreatif bukan sekedar berpikir mekanistis serta mampu bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.
Pembelajaran matematika dilakukan dalam rangka mencapai
kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
Pengembangan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial dilaksanakan
melalui kegiatan pembelajaran tidak langsung (Indirect Teaching).
Silabus mata pelajaran Matematika SMA/MA/SMK/MAK disusun dengan
format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami
dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar
penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup
dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata
urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini
dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan
kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh
peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan
bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan
dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan
kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan
pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas
dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar,
materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang
terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang
berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan
inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai
dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan
silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi,
pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model
pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat
serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.
B.Kompetensi Setelah Mempelajari Matematika di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Pendidikan matematika di sekolah diharapkan memberikan kontribusi
dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan
menengah melalui pengalaman belajar, agar mampu:
1.memahami konsep dan menerapkan prosedur matematika dalam kehidupan sehari-hari,
2.membuat generalisasi berdasarkan pola, fakta, fenomena, atau data yang ada,
3.melakukan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada,
4.melakukan penalaran matematis yang meliputi membuat dugaan dan memverifikasinya
5.memecahkan masalah dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah,
6.menumbuhkan sikap positif seperti sikap logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
1.memahami konsep dan menerapkan prosedur matematika dalam kehidupan sehari-hari,
2.membuat generalisasi berdasarkan pola, fakta, fenomena, atau data yang ada,
3.melakukan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada,
4.melakukan penalaran matematis yang meliputi membuat dugaan dan memverifikasinya
5.memecahkan masalah dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah,
6.menumbuhkan sikap positif seperti sikap logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
Pengembangan kurikulum Matematika ke depan diarahkan untuk
meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun
kreativitas, kemampuan berpikir kritis, berkolaborasi atau bekerjasama
dan keterampilan berkomunikasi. Selain itu, pengembangan kurikulum
matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan menggunakan
perangkat teknologi untuk melakukan perhitungan teknis (komputasi) dan
penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting
untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas
disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta
pengembangan nilai, norma dan etika (soft skill).
............... untuk lebih jelas dan lengkapnya silahkan lansung download saja...
Itulah tadi cuplikan isi dari file Silabus Matematika SMA kelas X, XI, dan XI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.
Semoga File yang Anda download tersebut dapat bermanfaat bagi para guru
yang membutuhkannya. Silahkan download pada link dibawah ini.
Link Download:
Belum ada Komentar untuk "√ Silabus Matematika SMA X, XI, XII K13 Revisi Terbaru"
Posting Komentar