Pembahasan IPA SMP UN 2017 No. 36 - 40
Jumat, 25 Mei 2018
Tambah Komentar
Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2017 nomor 36 sampai dengan nomor 40 tentang:
- fotosintesis,
- sistem ekskresi pada manusia,
- sistem reproduksi pada manusia,
- pewarisan sifat, dan
- bioteknologi.
Soal No. 36 tentang Fotosintesis
Perhatikan gambar percobaan fotosintesis berikut!
Jika air dalam gelas kimia ditambah dengan soda kue (NaHCO3), apa yang terjadi dalam percobaan tersebut?A. Kandungan CO2 dalam air menurun.
B. Tanaman Hydrilla akan mati.
C. Jumlah gelembung udara bertambah.
D. Tidak terbentuk gelembung udara.
Jika air dalam gelas kimia ditambah dengan soda kue (NaHCO3), apa yang terjadi dalam percobaan tersebut?A. Kandungan CO2 dalam air menurun.
B. Tanaman Hydrilla akan mati.
C. Jumlah gelembung udara bertambah.
D. Tidak terbentuk gelembung udara.
Pembahasan
Reaksi fotosintesis yang terjadi pada tanaman Hydrilla di atas adalah:
Penambahan soda kue (NaHCO3) berfungsi meningkatkan kandungan gas karbondioksida (CO2) di dalam air.
Karena kandungan gas CO2 di ruas kiri meningkat maka gas oksigen (O2) yang dihasilkan di ruas kanan juga meningkat. Hal ini ditandai dengan jumlah gelembung udara dalam tabung reaksi bertambah.
Jadi, jika air dalam gelas kimia ditambah dengan soda kue (NaHCO3) maka jumlah gelembung udara bertambah (C).
Soal No. 37 tentang Sistem Ekskresi pada Manusia
Perhatikan gambar berikut!
Pada bagian yang ditunjukkan anak panah terjadi proses ….A. penyaringan darah dari tubuh
B. pengumpulan zat sisa yang sudah tidak diperlukan
C. penyerapan kembali zat yang masih diperlukan
D. penambahan zat yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh
Pada bagian yang ditunjukkan anak panah terjadi proses ….A. penyaringan darah dari tubuh
B. pengumpulan zat sisa yang sudah tidak diperlukan
C. penyerapan kembali zat yang masih diperlukan
D. penambahan zat yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh
Pembahasan
Bagian yang ditunjuk oleh anak panah pada gambar di atas adalah tubulus
kolektivus, yaitu salah satu bagian ginjal yang berfungsi dalam
pembentukan urine.
Berikut ini bagian-bagian ginjal yang berfungsi dalam pembentukan urine:
Fungsi bagian-bagian organ tersebut adalah:
- Glomerulus: penyaringan darah dari tubuh, hasilnya berupa urine primer yang masih mengandung glukosa, garam, dan urea.
- Tubulus kontortus proksimal: penyerapan kembali zat yang masih diperlukan dari urine primer, penyerapan ini menghasilkan urine sekunder.
- Tubulus kontortus distal: penambahan zat yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh
- Tubulus kolektivus: pengumpulan zat sisa yang sudah tidak diperlukan
Jadi, bagian yang ditunjukkan anak panah adalah tubulus kolektivus
tempat terjadinya proses pengumpulan zat sisa yang sudah tidak
diperlukan (B).
Soal No. 38 tentang Sistem Reproduksi pada Manusia
Perhatikan gambar alat reproduksi wanita berikut!
Fungsi bagian yang ditunjukkan oleh panah adalah ….A. tempat berkembangnya janin selama kehamilan
B. menghasilkan sel telur dan hormon
C. tempat pembuahan sel telur oleh sperma
D. sebagai saluran telur membawa sel telur
Fungsi bagian yang ditunjukkan oleh panah adalah ….A. tempat berkembangnya janin selama kehamilan
B. menghasilkan sel telur dan hormon
C. tempat pembuahan sel telur oleh sperma
D. sebagai saluran telur membawa sel telur
Pembahasan
Bagian yang ditunjukkan oleh panah adalah ovarium. Perhatikan keterangan gambar berikut!
Fungsi dari bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut:
- Ovarium atau indung telur adalah tempat penghasil sel telur dan hormon
- Oviduk atau tuba falopi adalah saluran sel telur dan tempat pembuahan sel telur oleh sperma.
- Uterus atau rahim adalah tempat berkembangnya embrio.
Jadi, fungsi bagian yang ditunjukkan oleh panah adalah menghasilkan sel telur dan hormon (B).
Soal No. 39 tentang Pewarisan Sifat
Persilangan antara tanaman padi bulir besar berumur panjang (BBPP)
dengan tanaman padi bulir kecil berumur pendek/genjah (bbpp) adalah
sebagai berikut:
Bila sifat bulir besar dan berumur pendek (genjah) merupakan sifat-sifat unggul, genotip pada F2 yang paling baik disilangkan untuk mendapatkan bibit unggul adalah genotip … dengan genotip ….A. 1 >< 16
B. 4 >< 13
C. 6 >< 14
D. 11 >< 12
P | : | BBPP | >< | bbpp |
G | : | BP | bp | |
F1 | : | BpBp | ||
(bulir besar umur panjang) | ||||
P2 | : | BpBp | >< | BpBp |
G | : | BP, Bp, bP, bp | BP, Bp, bP, bp | |
F2 | : |
>< | BP | Bp | bP | bp |
BP | 1 | 2 | 3 | 4 |
Bp | 5 | 6 | 7 | 8 |
bP | 9 | 10 | 11 | 12 |
bp | 13 | 14 | 15 | 16 |
Bila sifat bulir besar dan berumur pendek (genjah) merupakan sifat-sifat unggul, genotip pada F2 yang paling baik disilangkan untuk mendapatkan bibit unggul adalah genotip … dengan genotip ….A. 1 >< 16
B. 4 >< 13
C. 6 >< 14
D. 11 >< 12
Pembahasan
Genotip F2 pada persilangan di atas adalah:
>< | BP | Bp | bP | bp |
BP | BBPP (1) |
BBPp (2) |
BbPP (3) |
BbPp (4) |
Bp | BBPp (5) |
BBpp (6) |
BbPb (7) |
Bbpp (8) |
bP | BbPP (9) |
BbPp (10) |
bbPP (11) |
bbPp (12) |
bp | BbPp (13) |
Bbpp (14) |
bbPp (15) |
bbpp (16) |
Untuk mendapatkan bibit unggul yang bersifat bulir besar dan berumur pendek, maka:
- Bulir besar bersifat dominan sehingga genotipnya bisa dominan homozigot (BB) atau heterozigot (Bb).
- Sedangkan umur pendek bersifat resesif sehingga genotipnya harus resesif homozigot (pp).
Dengan demikian, persilangan yang menghasilkan bibit unggul adalah:
BBpp (6) >< Bbpp (8 atau 14)
Jadi sesuai opsi jawaban yang ada, genotip pada F2 yang paling baik disilangkan untuk mendapatkan bibit unggul adalah 6 >< 14 (C).
Soal No. 40 tentang Bioteknologi
Perhatikan pernyataan penerapan bioteknologi pangan di bawah ini!
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
- Saccharomyces cereviceae menghasilkan enzim untuk mengubah zat tepung menjadi gula dan alkohol
- Budidaya tanaman tomat transgenik menghasilkan tomat yang tahan lama
- Rhizopus oryzae melakukan fermentasi biji kedelai sehingga membentuk padatan kompak putih
- Budidaya jagung transgenik menghasilkan tanaman yang tahan terhadap hama penggerak
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
Pembahasan
Bioteknologi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern.
Bioteknologi Tradisional
Bioteknologi tradisional atau konvensional adalah bioteknologi yang
memanfaatkan mikroorganisme untuk menghasilkan produk makanan. Misal,
mikroorganisme Saccharomyces sp. untuk membuat tape, Rhizopus sp. untuk membuat tempe. [pernyataan 1 dan 3 adalah bioteknologi tradisional]
Bioteknologi Modern
Bioteknologi modern adalah bioteknologi yang memanfaatkan teknologi
modern. Misal, teknik kultur jaringan, teknik hibridoma, teknik rekayasa
transgenik. [pernyataan 2 dan 4 adalah bioteknologi modern]
Jadi, yang termasuk bioteknologi modern adalah pernyataan nomor 2 dan 4 (D).
Belum ada Komentar untuk "Pembahasan IPA SMP UN 2017 No. 36 - 40"
Posting Komentar