Pembahasan Matematika SMP UN 2016 No. 11 - 15
Jumat, 25 Mei 2018
Tambah Komentar
Pembahasan soal-soal Matematika SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2016 nomor 11 sampai dengan nomor 15 tentang:
- penerapan barisan geometri,
- sistem persamaan linear,
- hubungan antarhimpunan,
- himpunan (diagram Venn), dan
- bentuk aljabar.
Soal No. 11 tentang Penerapan Barisan Geometri
Ayah akan membagikan sejumlah uang kepada lima anaknya. Uang yang
akan dibagikan terdiri dari dua ribuan. Banyak uang yang dibagikan ke
masing-masing anak membentuk barisan geometri. Jika dua anak terakhir
berturut-turut memperoleh 8 lembar dan 4 lembar, total uang yang
dibagikan ayah adalah ….
A. Rp124.000,00
B. Rp144.000,00
C. Rp248.000,00
D. Rp300.000,00
B. Rp144.000,00
C. Rp248.000,00
D. Rp300.000,00
Pembahasan
Jika diamati soal di atas, anak terakhir mendapatkan bagian paling kecil. Sehingga diperoleh data:
a = 4
r = 8/4
= 2
r = 8/4
= 2
Total uang yang dibagikan ayah merupakan jumlah 5 suku pertama barisan geometri tersebut.
Dengan demikian uang yang dibagikan yang dibagikan ayah adalah 124 lembar uang dua ribuan. Total uang yang dibagikan adalah:
124 × Rp2.000,00 = Rp248.000,00
Jadi, total uang yang dibagikan ayah adalah Rp248.000,00 (C).
Soal No. 12 tentang Sistem Persamaan Linear
Harga satu ikat bayam sama dengan harga dua ikat kangkung. Bu
Aminah membeli 20 ikat bayam dan 50 ikat kangkung seharga Rp225.000,00.
Bu Aisyah membeli 25 ikat bayam dan 60 ikat kangkung. Harga yang harus
dibayar Bu Aisyah adalah ….A. Rp220.000,00
B. Rp275.000,00
C. Rp290.000,00
D. Rp362.000,00
B. Rp275.000,00
C. Rp290.000,00
D. Rp362.000,00
Pembahasan
Misal,
b : bayam
k : kangkung
k : kangkung
Model matematika untuk soal di atas adalah:
b = 2k … (1)
20b + 50k = 225.000 … (2)
20b + 50k = 225.000 … (2)
Substitusi persamaan (1) ke persamaan (2).
20b + 50k = 225.000
20×2k + 50k = 225.000
90k = 225.000
k = 225.000 ∶ 90
= 2.500
20×2k + 50k = 225.000
90k = 225.000
k = 225.000 ∶ 90
= 2.500
Substitusi k = 2.500 ke persamaan (1).
b = 2k
= 2 × 2.500
= 5.000
= 2 × 2.500
= 5.000
Bu Aisyah membeli 25 ikat bayam dan 60 ikat kangkung.
25b + 60k = 25×5.000 + 60×2.500
= 125.000 + 150.000
= 275.000
= 125.000 + 150.000
= 275.000
Jadi, Harga yang harus dibayar Bu Aisyah adalah Rp275.000,00 (B).
Soal No. 13 tentang Hubungan antar-Himpunan
Diketahui:S = {x│x ≤ 12, x bilangan asli}
P = {x│1 ≤ x < 12, x bilangan prima}
Q = {x│1 ≤ x ≤ 12, x bilangan ganjil}
Diagram Venn yang tepat untuk himpunan di atas adalah ….
P = {x│1 ≤ x < 12, x bilangan prima}
Q = {x│1 ≤ x ≤ 12, x bilangan ganjil}
Diagram Venn yang tepat untuk himpunan di atas adalah ….
Pembahasan
Kita tentukan dulu anggota himpunan dari S, P, dan Q.
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12}
P = {2, 3, 5, 7, 11}
Q = {1, 3, 5, 7, 9, 11}
P = {2, 3, 5, 7, 11}
Q = {1, 3, 5, 7, 9, 11}
Berdasarkan anggota himpunan tersebut dapat disimpulkan:
Terdapat irisan antara himpunan P dan Q.
P∩Q = {3, 5, 7, 11}
P∩Q = {3, 5, 7, 11}
Selain 2, semua bilangan genap berada di luar himpunan P atau Q.
(P∪Q)c = {4, 6, 8, 10, 12}
(P∪Q)c = {4, 6, 8, 10, 12}
Jadi, diagram Venn yang tepat untuk himpunan di atas adalah opsi (C).
Soal No. 14 tentang Himpunan (Diagram Venn)
Sebuah kelas terdiri dari 40 siswa, diperoleh data 30 siswa pernah
berkunjung ke Ancol, 25 siswa pernah berkunjung ke Taman Mini. Jika 10
anak belum pernah berkunjung ke Ancol maupun Taman Mini maka banyak anak
yang pernah berkunjung ke kedua tempat tersebut adalah ….A. 5 siswa
B. 10 siswa
C. 15 siswa
D. 25 siswa
B. 10 siswa
C. 15 siswa
D. 25 siswa
Pembahasan
Misalkan jumlah siswa yang pernah berkunjung ke kedua tempat tersebut adalah x. Diagram Venn untuk soal di atas adalah:
Berdasarkan diagram Venn di atas, diperoleh:
30 − x + x + 25 − x + 10 = 40
65 − x = 40
x = 65 − 40
= 25
65 − x = 40
x = 65 − 40
= 25
Jadi, banyak anak yang pernah berkunjung ke kedua tempat tersebut adalah 25 siswa (D).
Soal No. 15 tentang Bentuk Aljabar
Perhatikan pernyataan berikut!I. 4x2 − 9 = (2x + 3)(2x − 3)
II. 2x2 + x − 3 = (2x − 3)(x + 1)
III. x2 + x − 6 = (x + 3)(x − 2)
IV. x2 + 4x − 5 = (x − 5)(x + 1)
Pernyataan yang benar adalah ….
A. I dan II
B. II dan III
C. I dan III
D. II dan IV
II. 2x2 + x − 3 = (2x − 3)(x + 1)
III. x2 + x − 6 = (x + 3)(x − 2)
IV. x2 + 4x − 5 = (x − 5)(x + 1)
Pernyataan yang benar adalah ….
A. I dan II
B. II dan III
C. I dan III
D. II dan IV
Pembahasan
Kita periksa ruas kanannya kemudian cocokkan dengan ruas kiri.
(2x + 3)(2x − 3) = (2x)2 − 32
= 4x2 − 9 [I benar]
= 4x2 − 9 [I benar]
(2x − 3)(x + 1) = 2x2 + 2x − 3x − 3
= 2x2 − x − 3 [II salah]
= 2x2 − x − 3 [II salah]
(x + 3)(x − 2) = x2 − 2x + 3x − 6
= x2 + x − 6 [III benar]
= x2 + x − 6 [III benar]
(x − 5)(x + 1) = x2 + x − 5x − 5
= x2 − 4x − 5 [IV salah]
= x2 − 4x − 5 [IV salah]
Jadi, pernyataan yang benar adalah I dan III (C).
Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Matematika SMP UN 2016 No. 11 - 15"
Posting Komentar