Prota,Promes, Silabus,KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi
Kamis, 06 September 2018
Tambah Komentar
Prota,Promes, Silabus,KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi,
Silabus, Program tahunan, program semester, Kriteria ketuntasan minimal
K13 Revisi tahun 2018 untuk kelas 6 SD/MI format baru dalam bentuk doc
sehingga dapat memudahkan rekan guru, kurtilas dengan revisi nya
memadukan literasi, PPK, HOTS dan 4C pada setiap pembelajaran, contoh
administrasi guru kelas 6 sekolah dasar pada kurikulum 2013 ini
merupakan bagian dari perangkat mengajar implementeasi k13 revisi 2018,
yang sengaja kami bagikan untuk bahan perbandingan atau contoh perangkat
k13 bagi guru tematik kelas 6 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.
Prota,Promes, Silabus,KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi untuk
semester 1 ini sudah sesuai dengan pemetaan KD jenjang atas sekolah
dasar, namun demikian butuh penyempurnaan dengan situasi dan kondisi
sekolah bapak/ibu, karena tentu ada saja yg kurang cocok, silahkan
disesuaikan menurut keinginan masing-masing. Prota,Promes, Silabus,KKM
Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi,
Contoh Prota,Promes, Silabus,KKM Kelas 6 Kurikulum 2013
PENDAHULUAN
Silabus merupakan rencana Pembelajaran pada mata Pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum.
Silabus memiliki komponen-komponen sebagai berikut:
1. konsultasi inti;
2. hemat dasar;
3. materi pembelajaran;
4. kegiatan pembelajaran;
5. tempat;
6. alokasi waktu; dan
7. belajar.
Silabus merupakan rencana Pembelajaran pada mata Pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum.
Silabus memiliki komponen-komponen sebagai berikut:
1. konsultasi inti;
2. hemat dasar;
3. materi pembelajaran;
4. kegiatan pembelajaran;
5. tempat;
6. alokasi waktu; dan
7. belajar.
Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan belajar lainnya dalam rangka menemukan dasar. Pengalaman belajar yang dapat digunakan adalah penerapan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar dari keluarga yang membutuhkan dikuasai peserta didik.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
a.Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
b. Kegiatan pembelajaran yang memuat kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai dasar.
c. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki Konsep materi pembelajaran.
d. Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal menggunakan dua hal yang mencerminkan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.
Kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan belajar lainnya dalam rangka menemukan dasar. Pengalaman belajar yang dapat digunakan adalah penerapan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar dari keluarga yang membutuhkan dikuasai peserta didik.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
a.Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
b. Kegiatan pembelajaran yang memuat kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai dasar.
c. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki Konsep materi pembelajaran.
d. Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal menggunakan dua hal yang mencerminkan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.
KKM Kelas 6 Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
• Menjelaskan arti Bhinneka Tunggal Ika
• Menyebutkan berbagai macam suku bangsa di indonesia, dengan beragam budayanya.
• Menjelaskan manfaat dari berbagai jenis suku bangsa. Dengan budayaan yang berbeda
• Menyebutkan berbagai macam suku bangsa di indonesia, dengan beragam budayanya.
• Menjelaskan manfaat dari berbagai jenis suku bangsa. Dengan budayaan yang berbeda
• Menjelaskan kebersamaan dalam keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
• Menjelaskan perilaku rela berkorban dalam keluarga, sekolah
• Menjelaskan penting peraturan perundangan
• Menjelaskan tentang hukum penyusunan peraturan-undangan
• Menjelaskan tata urutan pemberian di Indonesia
• Menjelaskan sanksi jika undian hukum
• Menyebutkan hakekat musyawarah
• Menyebutkan musyawarah mengutamakan kepentingan bersama dari pada pribadi
• Menjelaskan bahwa hasil pemufakatan menjadi keputusan bersama
• Menyebutkan asas-asas dalam musyawarah
• Menyebutkan tiga aturan dalam musyawarah
• Menyebutkan nilai -‐ nilai yang positif yang dibiarkan pada musyawarah
• Menjelaskan perilaku rela berkorban dalam keluarga, sekolah
• Menjelaskan penting peraturan perundangan
• Menjelaskan tentang hukum penyusunan peraturan-undangan
• Menjelaskan tata urutan pemberian di Indonesia
• Menjelaskan sanksi jika undian hukum
• Menyebutkan hakekat musyawarah
• Menyebutkan musyawarah mengutamakan kepentingan bersama dari pada pribadi
• Menjelaskan bahwa hasil pemufakatan menjadi keputusan bersama
• Menyebutkan asas-asas dalam musyawarah
• Menyebutkan tiga aturan dalam musyawarah
• Menyebutkan nilai -‐ nilai yang positif yang dibiarkan pada musyawarah
Prota dan Promes Kelas 6 Kurikulum 2013 Semester 1
Nama Sekolah: ____________________________________________________
Kelas / Semester: VI / 1
Tema 1: Bhinneka Tunggal Ika
Kompetensi Inti:
Kelas / Semester: VI / 1
Tema 1: Bhinneka Tunggal Ika
Kompetensi Inti:
KI 1: Menerima, menjalankan dan meneliti ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam hubungan dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba, berdasarkan, dan kegiatan, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KI 2: perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam hubungan dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba, berdasarkan, dan kegiatan, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Prota,Promes, Silabus,KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi,
Kompetensi Dasar
PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhineka-tunggal dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menghargai kebersamaan dalam kebera-gaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
1.1 Menghargai semangat kebhineka-tunggal dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menghargai kebersamaan dalam kebera-gaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapai makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa Indonesia yang telah diakui sebagai sarana yang lebih unggul untuk belajar pengetahuan
1,2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang maha Esa atas wawasan khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan energi, serta tata surya
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri-ciri khusus hidup dan lingkungan melalui penggunaan bahasa Indonesia
2.2 Memiliki kepe-dulian dan rasa ingin tahu tentang peruba-han benda dan hantara panas, energi dan energi, serta tata surya melalui bahasa Indonesia
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan dan layanan masyarakat menggunakan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kesetia-an, dan kebang-gaan terhadap keutuhan wila-yah nusantara Indonesia melalui bahasa Indonesia
1.1 Meresapai makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa Indonesia yang telah diakui sebagai sarana yang lebih unggul untuk belajar pengetahuan
1,2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang maha Esa atas wawasan khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan energi, serta tata surya
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri-ciri khusus hidup dan lingkungan melalui penggunaan bahasa Indonesia
2.2 Memiliki kepe-dulian dan rasa ingin tahu tentang peruba-han benda dan hantara panas, energi dan energi, serta tata surya melalui bahasa Indonesia
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan dan layanan masyarakat menggunakan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kesetia-an, dan kebang-gaan terhadap keutuhan wila-yah nusantara Indonesia melalui bahasa Indonesia
Prota,Promes, Silabus,KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi
Belum ada Komentar untuk "Prota,Promes, Silabus,KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi"
Posting Komentar