RPP Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
Kamis, 06 September 2018
Tambah Komentar
RPP Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi, RPP K13 Kelas 2 SD/MI Semester 1
atau ganjil K13 revisi 2018 atau 2017 terbaru yang kami bagikan ini
merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran versi terbaru kurikulum 2013
memuat unsur 4C, Literasi dan HOTS sesuai dengan pedoman RPP terbaru
kurtilas.
RPP Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi, terdiri tema Semester ganjil kelas 2 kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
1. Hidup Rukun 4 Minggu
2. Bermain di Lingkunganku 4 Minggu
3. Tugasku Sehari-hari 4 Minggu
4. Aku dan Sekolahku 4 Minggu
1. Hidup Rukun 4 Minggu
2. Bermain di Lingkunganku 4 Minggu
3. Tugasku Sehari-hari 4 Minggu
4. Aku dan Sekolahku 4 Minggu
Contoh RPP Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
Deskripsi Kegiatan
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek siswa
2. Kelas berkelanjutan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang dipakai membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini dilakukan paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa / PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan dorongan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca / menulis / mendengarkan / Berbicara selama 15-20 menit materi tidak seperti pelajaran dunia, kesehatan, kebersihan, makanan, minuman, cerita visual dan motivasi. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa membahas pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Apa yang tergambar pada sampul buku.
• Apa judul buku
• Kira-kira ini merayakan tentang apa
• Pernahkan Anda membaca buku seperti ini
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek siswa
2. Kelas berkelanjutan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang dipakai membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini dilakukan paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa / PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan dorongan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca / menulis / mendengarkan / Berbicara selama 15-20 menit materi tidak seperti pelajaran dunia, kesehatan, kebersihan, makanan, minuman, cerita visual dan motivasi. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa membahas pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Apa yang tergambar pada sampul buku.
• Apa judul buku
• Kira-kira ini merayakan tentang apa
• Pernahkan Anda membaca buku seperti ini
Kegiatan Pembelajaran
Ayo Membaca
• Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan dan membaca teks melalui Beni dan Ibu.
• Berdasarkan teks itu, para siswa mewarnai teks bacaan “Wujud Benda”.
• Siswa membaca dengan sempurna teks “Wujud Benda”.
• Siswa menemukan teks yang telah dibaca.
• Siswa membuat teks dengan prediksi yang telah dilakukan sebelumnya.
• Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan dan membaca teks melalui Beni dan Ibu.
• Berdasarkan teks itu, para siswa mewarnai teks bacaan “Wujud Benda”.
• Siswa membaca dengan sempurna teks “Wujud Benda”.
• Siswa menemukan teks yang telah dibaca.
• Siswa membuat teks dengan prediksi yang telah dilakukan sebelumnya.
Ayo Berdiskusi
• Siswa berdiskusi dengan teman mencari makna dari kosakata yang berhubungan dengan wujud benda.
• Siswa menjelaskan makna kosakata yang telah didiskusikan.
• Untuk mengkompilasi siswa tentang makna dari kosakata yang telah melakukan diskusi, siswa melakukan latihan berupa permainan kosakata.
• Siswa berdiskusi dengan teman mencari makna dari kosakata yang berhubungan dengan wujud benda.
• Siswa menjelaskan makna kosakata yang telah didiskusikan.
• Untuk mengkompilasi siswa tentang makna dari kosakata yang telah melakukan diskusi, siswa melakukan latihan berupa permainan kosakata.
Ayo Mengamati
• Siswa menyimpan benda-benda di sekitarnya dan mengelompokkannya ke dalam kelompok wujud benda.
• Siswa membacakan hasil pengamatan kepada teman-teman.
• Siswa lain memberikan tanggapan, saran, dan pertanyaan.
• Siswa menyimpan benda-benda di sekitarnya dan mengelompokkannya ke dalam kelompok wujud benda.
• Siswa membacakan hasil pengamatan kepada teman-teman.
• Siswa lain memberikan tanggapan, saran, dan pertanyaan.
RPP Kelas 2 SD Semester 1 K13 Revisi
Ayo Berlatih
• Siswa menelusuri contoh masalah perkalian.
• Siswa menjelaskan yang tertulis.
• Siswa dengan bimbingan guru menyanyikan lagu “Belajar Perkalian”.
• Siswa menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan.
• Guru memberikan konsep santai perkalian untuk siswa berdasarkan lagu yang dinyanyikan.
• Lingkup Siswa – soal yang berhubungan dengan perkalian.
• Siswa secara bersama sama dengan yang dijahit.
• Siswa menelusuri contoh masalah perkalian.
• Siswa menjelaskan yang tertulis.
• Siswa dengan bimbingan guru menyanyikan lagu “Belajar Perkalian”.
• Siswa menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan.
• Guru memberikan konsep santai perkalian untuk siswa berdasarkan lagu yang dinyanyikan.
• Lingkup Siswa – soal yang berhubungan dengan perkalian.
• Siswa secara bersama sama dengan yang dijahit.
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian peserta didik. Hasil termasuk sebagai bahan penyusunan laporan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan guru, dari pengetahuan dan presentasi untuk pekerjaan.
C. TUJUAN
1. Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang menyebut dengan keragaman benda dengan benar.
2. Dengan permainan kosakata, siswa dapat menemukan kosakata yang membahas dengan keragaman benda dengan benar.
3. Dengan melakukan pengamatan sederhana, para siswa dapat melaporkan hasil-hasil dari keragaman benda di alam dengan menggunakan bahasa yang tepat.
4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
5. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan akibat yang tidak sesuai dengan aturan di rumah dengan benar.
6. Dengan mengetahui manfaat dan akibat tidak sesuai aturan, siswa dapat membiasakan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.
7. Dengan menggunakan contoh, siswa dapat menyatakan bahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
8. Dengan bantuan lagu “Belajar Perkalian”, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan tepat.
9. Dengan lagu “Belajar Perkalian”, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan benar.
1. Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang menyebut dengan keragaman benda dengan benar.
2. Dengan permainan kosakata, siswa dapat menemukan kosakata yang membahas dengan keragaman benda dengan benar.
3. Dengan melakukan pengamatan sederhana, para siswa dapat melaporkan hasil-hasil dari keragaman benda di alam dengan menggunakan bahasa yang tepat.
4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
5. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan akibat yang tidak sesuai dengan aturan di rumah dengan benar.
6. Dengan mengetahui manfaat dan akibat tidak sesuai aturan, siswa dapat membiasakan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.
7. Dengan menggunakan contoh, siswa dapat menyatakan bahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
8. Dengan bantuan lagu “Belajar Perkalian”, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan tepat.
9. Dengan lagu “Belajar Perkalian”, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan benar.
Download RPP Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
dibawah ini
A. Teknik Penilaian
Sebuah. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
Sebuah. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
- Tema Hidup Rukun
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)Pembelajaran 1Pembelajaran 2Pembelajaran 3Pembelajaran 4Pembelajaran 5
Pembelajaran 6Subtema 2Pembelajaran 1Pembelajaran 2Pembelajaran 3Pembelajaran 4Pembelajaran 5
Pembelajaran 6Subtema 3Pembelajaran 1Pembelajaran 2Pembelajaran 3Pembelajaran 4Pembelajaran 5Pembelajaran 6Tema 2 Bermain di Lingkunganku PB 1 Bermain di Lingkunganku PB 2 Bermain di Lingkunganku PB 3 Bermain di Lingkunganku PB 4 Bermain di Lingkunganku PB 5 Bermain di Lingkunganku PB 6 Bermain di Lingkunganku RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugasku Sehari- hari (Tema 3)PB 1 Tugasku Sehari- hari PB 2 Tugasku Sehari- hari PB 3 Tugasku Sehari- hari PB 4 Tugasku Sehari- hari PB 5 Tugasku Sehari- hariPB 6 Tugasku Sehari- hari
Belum ada Komentar untuk "RPP Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi"
Posting Komentar