RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Kamis, 06 September 2018
Tambah Komentar
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP K13 revisi tahun 2018 mata
pelajaran matematika SD/MI sekolah dasar yang terintegrasi dengan
Literasi, PPK,HOTS dan 4C, hal ini menjadikan perangkat administrasi
guru dalam kurtilas ini menjadi komplit dari berbagai aspek pengukuran
penilaian.
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dengan bahasan yang
mungkin terbilang baru untuk edisi revisi baru 2018 diantaranya sebagai
berikut:
- Operasi Hitung Campuran
- Operasi Hitung Bilangan Pecahan
- Lingkaran
- Bangun Ruang
- Gabungan Bangun Ruang
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.3 Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
INDIKATOR
3.3.1 Mampu menyebutkan bilangan sesuai nilai tempatnya
4.3.1 Mengurutkan bilangan dengan benar.
3.3 Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
INDIKATOR
3.3.1 Mampu menyebutkan bilangan sesuai nilai tempatnya
4.3.1 Mengurutkan bilangan dengan benar.
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.3 Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
INDIKATOR
3.3.1 Menentukan bentuk operasi hitung campuran
4.3.1 Menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran
3.3 Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
INDIKATOR
3.3.1 Menentukan bentuk operasi hitung campuran
4.3.1 Menyelesaikan soal dengan bentuk operasi hitung campuran
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri (Padamu Negeri)”. Nasionalis
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
Siswa diajak membaca teks tentang bawang merah. Guru memberikan waktu 3 menit untuk memahami bacaan. Communication
Siswa mengerjakan soal berikut bersama teman. Gotong Royong
Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?
Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya di dalam kelompoknya lalu meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan masukan, komentar, atau mempertanyakan jawaban teman. Collaboration
Guru memberikan jawaban apabila dibutuhkan.
160.800.000 = seratus enam puluh juta delapan ratus ribu
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri (Padamu Negeri)”. Nasionalis
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
Siswa diajak membaca teks tentang bawang merah. Guru memberikan waktu 3 menit untuk memahami bacaan. Communication
Siswa mengerjakan soal berikut bersama teman. Gotong Royong
Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?
Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya di dalam kelompoknya lalu meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasilnya. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan masukan, komentar, atau mempertanyakan jawaban teman. Collaboration
Guru memberikan jawaban apabila dibutuhkan.
160.800.000 = seratus enam puluh juta delapan ratus ribu
Download RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018, Buku Pedoman Guru
Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
LAMPIRAN 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Membandingkan dan mengurutkan bilangan besar terkait nilai tempatnya
Pertemuan 2
Menyelesaikan soal hitung campuran
Pertemuan 3
Menyelsaikan soal cerita operasi hitung campuran
Pertemuan 4
Menyelesaikan soal distributif
Pertemuan 5
Menyelesaikan soal hitung campur
Pertemuan 6
Menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran
Pertemuan 7
Menyelesaikan soal distributif dan mengomunikasikan hasilnya melalui tulisan
Pertemuan 8
Menyelesaikan soal operasi hitung campuran
Menyelsaikan soal cerita operasi operasi hitung campuran dan mengomunikasikan hasilnya.
F. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Membandingkan dan mengurutkan bilangan besar terkait nilai tempatnya
Pertemuan 2
Menyelesaikan soal hitung campuran
Pertemuan 3
Menyelsaikan soal cerita operasi hitung campuran
Pertemuan 4
Menyelesaikan soal distributif
Pertemuan 5
Menyelesaikan soal hitung campur
Pertemuan 6
Menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran
Pertemuan 7
Menyelesaikan soal distributif dan mengomunikasikan hasilnya melalui tulisan
Pertemuan 8
Menyelesaikan soal operasi hitung campuran
Menyelsaikan soal cerita operasi operasi hitung campuran dan mengomunikasikan hasilnya.
Unduh RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018"
Posting Komentar