RPP PAI Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
Kamis, 06 September 2018
Tambah Komentar
RPP PAI Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi,
Rencana`Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam K13 Revisi 2017
Kelas 3 SD/MI, RPP bagi guru agama Islam dan budi pekerti PAI dan BP
kurtilas pada semester dua ini kami bagikan dengan contoh format edisi
revisi Literasi, HOTS dan 4C ini juga merupakan bentuk baru pada sekolah
dasar dalam rpp kelas III SD/MI yang kiranya baik sebagai bahan
referensi dengan KD dan indikator yang bisa di sesuaikan.
RPP PAI Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi, materi kelas 3 SD
semester 2 pada kurikulum 2013 ini dalam edisi baru nya adalah sebagai
berikut ini:
- Hati Tenteram dengan berprilaku baik
- Senangnya belajar surat al kausar
- Allah maha tahu dan maha mendengar
- Bersyukur pada Allah SWT
- Zikir dan doa setelah shalat
- Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail
B. Kompetensi Dasar (KD)
2.4 Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7.
3.10 Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7.
2.4 Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7.
3.10 Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Siswa mampu menyampaikan Alhamdulillah atas segala karunia dan pemberian dengan lancar.
2. Siswa mampu memberikan sebagian karunia dan karunia yang pantas menerimanya.
3. Siswa mampu menyebutkan arti syukur dengan benar.
4. Siswa mampu menjelaskan manfaat bersyukur dengan benar.
1. Siswa mampu menyampaikan Alhamdulillah atas segala karunia dan pemberian dengan lancar.
2. Siswa mampu memberikan sebagian karunia dan karunia yang pantas menerimanya.
3. Siswa mampu menyebutkan arti syukur dengan benar.
4. Siswa mampu menjelaskan manfaat bersyukur dengan benar.
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik yang mampu:
2.4.1 Mengucapkan Alhamdulillah atas segala karunia dan pemberian dengan lancar.
2.4.2. Member dan karunia yang pantas menerimanya.
3.10.1 Menyebutkan arti bersyukur dengan benar.
3.10.2 Menjelaskan manfaat bersyukur dengan benar.
Peserta didik yang mampu:
2.4.1 Mengucapkan Alhamdulillah atas segala karunia dan pemberian dengan lancar.
2.4.2. Member dan karunia yang pantas menerimanya.
3.10.1 Menyebutkan arti bersyukur dengan benar.
3.10.2 Menjelaskan manfaat bersyukur dengan benar.
E. Materi Pembelajaran
Nikmatnya bersyukur.
Nikmatnya bersyukur.
F. Metode Pembelajaran
1. pendekatan: Sientifik
2. Metode:
a) Observasi
b) Diskusi
c) Presentasi
d) Demontrasi
1. pendekatan: Sientifik
2. Metode:
a) Observasi
b) Diskusi
c) Presentasi
d) Demontrasi
Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru Membuka Pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mecari ilmu:
“Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.
“Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik. (Religius dan Integritas)
2. Guru memeriksa, kerapian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya cita-cita. (Integritas)
4. Pembiasaan membaca / menulis / mendengarkan / Berbicara selama 15-20 menit materi non Pelajaran seperti satu dunia, kesehatan, kebersihan, makanan / minuman sehat, cerita visual dan motivasi
1. Guru Membuka Pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mecari ilmu:
“Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.
“Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik. (Religius dan Integritas)
2. Guru memeriksa, kerapian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya cita-cita. (Integritas)
4. Pembiasaan membaca / menulis / mendengarkan / Berbicara selama 15-20 menit materi non Pelajaran seperti satu dunia, kesehatan, kebersihan, makanan / minuman sehat, cerita visual dan motivasi
Download RPP PAI SD Kelas 3 Semester dua Kurikulum 2013 Revisi
Setelah membaca guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa membahas pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Apa judul bacaan
• Apa yang tergambar pada bacaan.
• Pernahkan kamu bacaan seperti ini
• Apa manfaatnya bacaan tersebut
(Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah)
5. Mengulas beberapa materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
1. Tugas guru belajar belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
2. Guru yang akan kelulusan yang akan dicapai oleh peserta didik.
3. Guru berlatih alternatif media / alat peraga / alat bantu dapat berupa ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
4. Guru memilih beberapa alternatif model / strategi / metode pembelajaran yang sedang diintegrasi
1) (ceramah interaktif (menampilkan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual / film yang bersifat kontekstual kekinian),
2) diskusi dalam bentuk pendidikan-diagnosa meetingartinya para peserta didik berbincang tentang Pelajaran di ruang kelas dengan saling pemahaman mereka atas Pelajaran yang diberikan untuk masing-masing orang yang tepat dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
• Apa judul bacaan
• Apa yang tergambar pada bacaan.
• Pernahkan kamu bacaan seperti ini
• Apa manfaatnya bacaan tersebut
(Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah)
5. Mengulas beberapa materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
1. Tugas guru belajar belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
2. Guru yang akan kelulusan yang akan dicapai oleh peserta didik.
3. Guru berlatih alternatif media / alat peraga / alat bantu dapat berupa ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
4. Guru memilih beberapa alternatif model / strategi / metode pembelajaran yang sedang diintegrasi
1) (ceramah interaktif (menampilkan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual / film yang bersifat kontekstual kekinian),
2) diskusi dalam bentuk pendidikan-diagnosa meetingartinya para peserta didik berbincang tentang Pelajaran di ruang kelas dengan saling pemahaman mereka atas Pelajaran yang diberikan untuk masing-masing orang yang tepat dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
- Hati Tenteram dengan berprilaku baik
- Senangnya belajar surat al kausar
- Allah maha tahu dan maha mendengar
- Bersyukur pada Allah SWT
- Zikir dan doa setelah shalat
- Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail
Belum ada Komentar untuk "RPP PAI Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi"
Posting Komentar