RPP PAI Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
Kamis, 06 September 2018
Tambah Komentar
RPP PAI Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD/MI semester dua k13 revisi 2017,
Guru Agama di sekolah dasar pada kurikulum 2013 juga punya hal yang
sama dalam perubahan dengan guru kelas pada berbagai materi dan program
pelaksanaan k13 revisi tahun 2017, masuk dalam tahap perubahan ke 4,
Rencana pelakasnaan pembelajaran ini memang tak selalu sempurna, dari
ketentuan unsur PPK, literasi yang ditambahkan bisa saja bapak/ibu
sesuaikan.
RPP PAI Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi,
terdiri dari beberapa pembelajaran juga pada setiap akhir sub nya
diadakan ujian, PAI Kelas 4 SD Kurikulum 2013 revisi tahun 2017 dengan
materi diabawah ini.
- Mari belajar Q.S Al-Fiil
- Beriman kepada malaikat
- Mari berprilaku terpuji
- Mari melaksanakan shalat
- Kisah keteladanan wali songo
Contoh RPP PAI Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam interaksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya-kannya. Mereka menemukan aktivitas-aktivitasnya sendiri, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak-anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KI-1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam interaksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya-kannya. Mereka menemukan aktivitas-aktivitasnya sendiri, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak-anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
2.1 Membentuk hubungan kerja dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq, dan al-Fil.
3.1 Memahami Q.S. al-Falaq, dan al-Fil dengan baik dan benar.
4.1.1 Membaca Q.S. al-Falaq, dan al-Fil dengan tartil.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq, dan al-Fil dengan benar.
4.1.3 umpan hafalan Q.S. al-Falaq, dan al-Fil dengan ANDA.
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
2.1 Membentuk hubungan kerja dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq, dan al-Fil.
3.1 Memahami Q.S. al-Falaq, dan al-Fil dengan baik dan benar.
4.1.1 Membaca Q.S. al-Falaq, dan al-Fil dengan tartil.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq, dan al-Fil dengan benar.
4.1.3 umpan hafalan Q.S. al-Falaq, dan al-Fil dengan ANDA.
C. Indikator PencapaianKompetensi
1.1.1 Terbiasa membaca Al Qur’an.
2.1.1 Keterampilan hubungan dan peduli
3.1.1 Memahami Q.S Al-Fil.
4.1.1.1 Membedakan Q.S Al-Fil.
4.1.2.1 Menuliskan kalimat yang tersedia dalam Q.S Al-Fil.
4.1.3.1 umpan hafalan Q.S Al-Fil.
1.1.1 Terbiasa membaca Al Qur’an.
2.1.1 Keterampilan hubungan dan peduli
3.1.1 Memahami Q.S Al-Fil.
4.1.1.1 Membedakan Q.S Al-Fil.
4.1.2.1 Menuliskan kalimat yang tersedia dalam Q.S Al-Fil.
4.1.3.1 umpan hafalan Q.S Al-Fil.
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik yang mampu:
1. Memahami Q.S.al-Fil dengan baik dan benar.
2. Membaca Q.S. al-Fil dengan tartl.
3. kecerahan hafalan Q.S. al-Fil dengan lancar.
4. Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Fil dengan benar.
Peserta didik yang mampu:
1. Memahami Q.S.al-Fil dengan baik dan benar.
2. Membaca Q.S. al-Fil dengan tartl.
3. kecerahan hafalan Q.S. al-Fil dengan lancar.
4. Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Fil dengan benar.
Download RPP PAI Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017
Pendahuluan
1. Guru Membuka Pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mecari ilmu:
“Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.
“Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik. (Religius, Integritas)
2. Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan surat Al Fatihah. (Religius)
3. Memeriksa kehadiran, kerapihan cermin, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4. Menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
5. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya cita-cita. (Integritas)
6. Pembiasaan membaca / menulis / mendengarkan / Berbicara selama 15-20 menit materi non Pelajaran seperti satu dunia, kesehatan, kebersihan, makanan / minuman sehat, cerita inspirasi dan motivasi. Setelah membaca guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa membahas pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Apa judul bacaan
• Apa yang tergambar pada bacaan.
• Pernahkan kamu bacaan seperti ini
• Apa manfaatnya bacaan tersebut
(Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah)
1. Guru Membuka Pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mecari ilmu:
“Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.
“Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik. (Religius, Integritas)
2. Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan surat Al Fatihah. (Religius)
3. Memeriksa kehadiran, kerapihan cermin, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4. Menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
5. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya cita-cita. (Integritas)
6. Pembiasaan membaca / menulis / mendengarkan / Berbicara selama 15-20 menit materi non Pelajaran seperti satu dunia, kesehatan, kebersihan, makanan / minuman sehat, cerita inspirasi dan motivasi. Setelah membaca guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa membahas pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Apa judul bacaan
• Apa yang tergambar pada bacaan.
• Pernahkan kamu bacaan seperti ini
• Apa manfaatnya bacaan tersebut
(Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah)
Belum ada Komentar untuk "RPP PAI Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi"
Posting Komentar